bata merah

bata-merah

Material ini paling banyak digunakan di Indonesia. Hampir di setiap tempat bahkan pelosok desa terdapat pembuat batu bata merah . Bahan baku tanah liat yang mudah didapat dan proses pembuatan yang sederhana membuat harganya menjadi relatif murah. Ukuran yang biasa ada di pasaran adalah 25 x 12 x 5 cm atau kurang.

Jenis Batu Bata Merah

Bata Welahan

Batu bata merah jenis ini memiliki kualitas paling rendah.
Karakteristik : Warna Merah, Tekstur Kasar, dan memiliki banyak rongga.
Substansi : Tanah liat, Sekam, air
Ukuran : 25 x 12,5 x 5 cm
Harga : @Rp. 270,-

Bata merah Magelang

Jenis ini adalah jenis batu bata dengan kualitas lebih baik dari jenis welahan.
Karakteristik : warna Merah, Tekstur rata dan halus, rongga-rongga kecil.
Substansi : Tanah Liat, sekam, air.
Ukuran : 23x10x3 cm
Harga : @Rp. 450,00 – Rp 550,00Bata Temanggung

Batu bata jenis temanggung merupakan batu bata dengan kualitas terbaik. Karena teksturnya yang halus , dinding yang dipasang dengan batu bata jenis ini sengaja tidak diplester dan diibiarkan terekspose namun lapisan terluarnya di-coating terlebih dahulu untuk menghidari re
Karakteristik : Warna Merah Cerah, Tekstur Halus, padat, keras, dan rata. Asal Bahan : Tanah Liat, Sekam, Air.Ukuran : 11 x 23,5 x 5 cmHarga : @ Rp 1.200,-

Kelebihan

Kuat dan tahan lama karena batu bata tahan terhadap cuaca panas, cuaca dingan dan udara lembab.

Penolak panas yang baik. Batu bata mampu membuat di dalam rumah terasa dingin walau diluar rumah cuaca panas.

Warna yang unik. Pemilik rumah ada kalanya sengaja tidak menutup batu bata dengan semen dan cat, sebaliknya batu bata dibiarkan terekspos sehingga memberikan kesan alami pada rumah.

Harganya Murah. Tanah liat yang merupakan bahan utama batu bata mudah didapat dan ketersediaannya di alam cukup melimpah.

Kekurangan

Waktu pemasangannya lebih lama dibandingkan material dinding bangunan yang lain

Jika proses pembakarannya kurang matang, bata mudah retak dan pecah

Biaya lebih tinggi dari dinding batako

Tips Memilih Batu Bata Merah Berkualitas

Pada permukaan batu bata warnanya merata. Jika ada perbedaan warna (lebih gosong) berarti pembakarannya tidak merata, sehingga lebih mudah retak/pecah.

Batu bata merah yang baik adalah batu bata yang bebas dari retak/cacat , batu/kerikil, serta benjolan apapun.
Ukuran batu bata satu dengan yang lainnya harus seragam, dengan sudut menyiku dan tepi yang rata
Permukaannya rata, untuk menjamin kerapian pekerjaan
Batu bata yang baik aka bersuara dering jika diketok

Teknik Pemasangan

Ada 3 Pemasangan Batu Bata Merah, yaitu :

Pasangan ½ batu :Pemasangan bata merah secara memanjang dengan lebar bata merah sebagai tebal dinding.
Pasangan 1 batu :Pasangan bata secara melintang dengan panjang bata sebagai tebal dinding.
Pasangan roolag :Pasangan bata secara miring melintang yang berfungsi sebagai pasangan resapan air dibagian paling bawah pasangan bata merah .

Teknik pemasangan :

Pasangan batu bata merah untuk dinding – dinding luar pada bangunan umumnya dapat dipakai pasangan batu bata ½ batu.

Dinding Pengisi dari pasangan bata ½ bata harus diperkuat dengan kolom praktis, sloof, rollag, dan ring balok yang berfungsi untuk mengikat pasangan bata merah dan menahan/menyalurkan beban struktural pada bangunan agar tidak mengenai pasangan dinding bata tsb.

Campuran spesi pada pasangan tembok harus cukup kedap air agar tembok tidak mudah basah jika terkena air hujan. Dinding bata merah yang memerlukan campuran kedap air misalnya tembok pada kamar mandi, WC, tempat cuci, dan dapur, spesi nya 1 : 3, artinya 1 takaran semen dan 3 takaran pasir. Dinding bata yang tdk memerlukan campuran kedap air, perbandingan spesi nya 1: 5.

Perkuatan dinding batu bata merah dengan kolom praktis. Kolom – kolom praktis merupakan bagian kerangka yang membantu dan memperkuat posisi dinding pasangan batu bata merah , dan pemasangan kolom ditempatkan pada sudut pertemuan pasangan batu bata.

Pasangan dan penempatan kolom – kolom praktis yang berukuran 13 x 13 atau 15 x 15 ditempatkan pada seluas bidang dinding tembok batu bata merah 12 m2. Jadi, penampang kolom praktis yang berukuran 15 x 15 cm itu ditempatkan penulangan / pembesian 4 ø 12 mm dan pemasangan sengkang / cincinnya dengan ø 8- 20 cm dan terpasang pada dinding bata sejarak 3 – 4 m2.

Kusen gendong yang diartikan konstruksi kusen pintu dan jendelanya menjadi satu. Di bagian atas dari ambang atas kusen dipasangkan batu bata merah berdiri atau disebut sebagai rollag dengan adukan menggunakan perbandingan 1 PC: 3 Ps

Jasa Bangun Rumah Di Tangerang

Artikel
Bata Merah
Judul
Bata Merah
Deskripsi
bata merah Material ini paling banyak digunakan di Indonesia. Hampir di setiap tempat bahkan pelosok desa terdapat pembuat batu bata
Penulis
Penulis
Mandore Id
Gambar Penulis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *