Cara-Membersihkan-Lantai-Berdasarkan-Bahan-Lantai-Dan-Jenis-Kotorannya
Cara Membersihkan Lantai Berdasarkan Bahan Lantai Dan Jenis Kotorannya

Tips Membersihkan Lantai Keramik, Marmer, Tegel dan lantai Kayu  Memiliki lantai bersih, terawat
dan enak dipandang tentunya menjadi hal yang selalu ditekankan pemilik rumah.
Beberapa bahan lantai rumah  di antaranya keramik, marmer, bahkan juga kayu. Berikut saya akan mencoba merangkumkan bagaimana cara kita untuk membersihkan jenis-jenis lantai tersebut dan tentunya dari jenis noda tersebut dari bahan apa

Lantai Keramik
Lantai keramik harus rajin di dilap atau disapu saat kotor. Ini dilakukan untuk menghindari butiran pasir yang dapat menyebabkan goresan dan permukaan keramik ketika kita menginjak dengan sepatu atau dikarenakan suatu pergeseran benda diatas keramik dari tempat lama ke tempat yang baru
Pel lantai dengan air bersih saja, secara berkala minimali 1 kali sehari untuk bagian dalam ruangan dan 2 hari sekali untuk luar ruangan contoh keramik lantai teras

Hindari penggunaan pembersih lantai yang mengandung asam sulfat atau HCL yang berkadar tinggi setiap kali mengepel ,membersihkan latai dengan jenis keramik menggunakan Hcl hanya di perlukan ketika lantai terkena kotoran yang susah di bersihkan dengan air biasa
Contoh kotoran yang susah d bersihkan dengan air biasa dan memang di wajibkan menggunakan hcl adalah kotoran semen .cat air
Untuk kotoran yang megadung bahan dasar seperti cat minyak sebaiknya gunakan thiner sebagai pembersih hal ini di lakukan agar kotoran meleh dari keramik lalu usap dengan kain bal/ bisa juga di sebut kain majun .
Beberapa kejadian saya sering menjumpai banyak orang yang salah saat mereka membersihkan noda lantai yang berjenis tidak sesuai dengan sifat dari noda tersebut

Kandungan asam dalam pembersih lantai ini menyebabkan lapisan atas glazur keramik cepat terkikis sehingga kelihatan cepat kusam dan kurang cerah
Hindari penggunaan cairan pembersih keramik yang mengandung pewangi. Cairan ini biasanya membuat bercak- bercak kotor yang akan timbul setelah kering dan bercak ini tidak akan sesuai dengan warna dasar pada permukaan keramik terlebih dengan warna keramik putih dan ini akan sangat kelihatan , jika anda adalah seorang yang suka dengan aroma pewangi lantai atau anda adalah seorang yang mewajibkan bahwa mengepel lantai dengan pewangi sebaiknya perhatikan saran saya ini .sebelum melakukan pegepelan lantai pastikan bahwa lantai dalam keadaan bersih dari kotoran debu apapun meskipun metode pengepelan lantai dengan air biasa menyebabkana bau anyir atau amis tetapi ini bisa di akali agar tidak amis dengan melakukan pencucian kain pel dengan deterjen sebelum kain pel tersebut di gunakan untuk mengepel lantai

Gunakan larutan kimia untuk menghilangkan noda dan kotoran yang membendel, namun perlu memperhatikan untuk tidak membasahi seluruh permukaan lantai keramik. Membasahi bagian yang terkena noda saja dengan kain yang sudah di celupkan pada hcl atau pembersih noda keramik
Gosok keramik lantai  menggunakan sikat dengan bulu sikat yang tidak terlalu keras atau kasar karena dapat menyebabkan goresan pada lapisan keramik atau nat yang menyebabkan pengelupasan cor nat berlebihan

dan untuk keramik dinding pada dasarnya hampir sama dalam hal membersihkan dari kotoran
untuk membersihkan kotoran keramik saya sarankan untuk di pelajari kasusnya dahulu 
Contohnya seandainya kotoran yang menempel pada keramik adalah cat minyak sebaiknya di bersihkan dengan thinner bukan dengan hcl

Lantai Marmer
Agar selalu tampil cemerlang, lantai marmer mesti dipoles marmer dan poles teraso secara teratur. Menggunakan mesin poles marmer dan poles teraso memang solusi yang terbaik, namun biayanya terlalu mahal.
Sebenarnya ada cara yang lebih murah dan mudah untuk mengkilapkan kembali lantai marmer anda. Pertama-tama, pel lantai dengan cairan pembersih lantai. Setelah kering, oleskan krim yang biasa digunakan untuk memoles badan mobil anda ke seluruh permukaan lantai marmer atau anda bisa hubungi jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Tunggu beberapa saat agar krim poles itu meresap.
Setelah dirasa cukup meresap, gosok lantai marmer dengan sabut cuci piring (spons yang berwarna hijau) sampai krim benar-benar hilang bisa juga dengan jasa restorasi dan jasa kristalisasi marmer. Bersihkan bekas krim dengan sapu, lalu pel lantai seperti biasa. Jika anda rajin mengulangi langkah ini setiap 2—3 bulan sekali, lantai marmer anda akan selalu kinclong seperti baru.

Marmer merupakan batu alam lunak yang di dapat dari proses pembentukan sedimen kapur keras yg membatu. Karena sifatnya lunak biasanya bahan ini pada saat dipasang dikeraskan dengan suatu proses namanya proses kristalisasi yang fungsinya membuat lantai marmer menjadi keras dan mengkilat.

Namun proses ini hanya sementara dan perlu dilakukan proses kristalisasi ulang.

Proses kristalisasi basanya dilakukan dengan 2 cara yaitu :

Proses pemampatan. Prinsip dengan cara menutup pori dari marmer biasanya dengan menggunakan bahan marble powder 47 yang berfungsi menutup pori2 marmer dan membuatnya menjadi mengkilap.
Proses coating. Prinsip kerjanya sama menutup pori menggunakan lapisan film tipis sehingga permukaan marmer lebih mengkilap. Biasanya menggunakan lapisan acrilyc 47

Dari kedua cara ini sama-sama efektif hanya saja ada beberapa perbedaan

cara pemampatan lebih bertahan lama di bandingkan dengan cara coating hanya saja prosesnya berjalan lebih lama.

Dan cara coating prosesnya sangat cepat dibandingkan cara pemampatan hanya saja umur kilapnya lebih pendek

Keduanya memiliki keunggulan tinggal kita memilih mau cara apa

Lantai marmer memerlukan perawatan khusus agar tampak selalu berkilap tanpa merubah warna aslinya. Oleh karena itu perlu dilakukan proses Kristalisasi Lantai dengan pemolesan atau Poles Marmer menggunakan produk kristalisasi yang diciptakan khusus untuk Kristalisasi Marmer : PASTA BLANCA crystallizing powder yang dikhususkan untuk pengerjaan menyeluruh pada waktu general cleaning, dan TERRANOVA crystallizing liquid untuk perawatan sehari-hari (daily maintenance) dengan cara pengerjaan yang sangat mudah (Poles Marmer).

Lantai marmer harus dibersihkan dengan cairan pembersih poles marmer yang bersifat netral agar tidak merusak permukaan lantai dan keaslian warnanya selalu terjaga. MARBLE KLIN adalah pembersih lantai atau poles marmer bersifat netral yang diformulasikan secara khusus untuk perawatan sehari-hari lantai marmer. Selain itu, permukaan lantai marmer perlu selalu dijaga agar bebas dari debu/pasir yang bila bergesekan dengan alas sepatu dapat menggerus permukaan lantai dan menghasilkan goresan, sehingga kilap pada permukaan lantai menjadi berkurang. Penggunaan poles marmer CONQ R DUST untuk menarik debu/kotoran kering secara rutin akan mengurangi kemungkinan terjadinya goresan pada lantai.

Lantai Tegel
Pada jaman sekarang penggunaan lantai tehel dalam rumah kurang diminati, tetapi masih banyak pemilik rumah yang tetap setia menggunakannya.

Masalah utama yang sering dihadapi jika memakai lantai tehel yaitu lantai menjadi buram, masalah ini bisa diatasi dengan menggungakan sisa parutan kelapa yang sudah diambil sari santannya.

Parutan kelapa di gosokkan pada lantai tehel sampai bersih kemudian bersihkan parutan kelapa dengan sapu setelah bersih gosok lantai dengan sampai bersih, untuk menghilangkan bau bersihkan lantai dengan kain basah.

Lantai tehel akan kembali bersih seperti semula.

Lantai Kayu (Parket)
Anda memiliki lantai dari bahan material kayu, kesan ruangan menjadi lebih hangat dan elegan. Tapi, untuk urusan perawatan, memilih memakai lantai kayu berarti ekstra perawatan. Karena perlakuan yang kurang tepat dapat merusak lantai yang dapat dibilang “sensitif” ini.

Untuk membersihkan ruangan, langkah pertama yakni meminggirkan furnitur di dalam ruangan. Pindahkan ke bagian tertentu sehingga Anda leluasa melakukan kegiatan bersih-bersih. Tapi, saat Anda memindahkan patut dicatat untuk tidak melakukan pergeseran furnitur, karena sekali geser dengan tekanan tertentu akan mengakibatkan lecet. Untuk menggeser furnitur, gunakan alas lembut seperti lap atau handuk. Letakkan pada bagian bawah furnitur ketika hendak memindahkannya.

Langkah selanjutnya, membersihkan lantai kayu dengan menggunakan sapu berbahan lembut. Atau gunakan penyedot debu untuk mengangkat debu dan kotoran yang menempel pada lantai kayu. Saat membersihkan gunakan lap kering. Lap basah oleh air akan meresap ke pori-pori lantai kayu dan dapat mengakibatkan kerusakan. Kemudian angkat sisa-sisa kotoran di lantai dengan menggosok secara melingkar agar lantai lebih bersih.

Untuk meringankan perawatan lantai kayu, Anda dapat mempergunakan karpet di atasnya. Karpet dapat melindungi lantai kayu untuk area yang kerap dilalui penghuni rumah. Perawatan dan kebersihan karpet juga tetap diutamakan agar debu tidak turun dan mengotori lantai kayu.

Patut Anda catat, bila memasuki ruang berlantai kayu sebaiknya tidak mengenakan alas kaki berat atau berhak tinggi. Karena sama seperti furnitur yang digeser akan menimbulkan goresan atau lekukan yang sulit hilang pada lantai kayu Anda.

Gunakan sapu berbulu lembut atau penyedot debu (vacuum cleaner) untuk membersihkannya.
Kemudian, lanjutkan dengan lap kering atau kain yang bersifat statis (menarik debu) untuk mengangkat sisa-sisa debu.

Ada baiknya jika lantai parket tidak dipel, karena air dapat menyebabkan kelapukan pada kayu.

Memang banyak produk parket yang tahan gores dan tidak dapat dirembesi air, namun kalaupun memang ingin mengepelnya, jangan terlalu sering dan pastikan kain pel tidak menetesi air ke lantai.

Jika sampai terkena noda makanan atau minuman, gunakan tisu atau lap kering. Kemudian, gunakan cairan khusus pembersih kayu parket.

Cara Membersihkan Lantai Berdasarkan Bahan Lantai Dan Jenis Kotorannya

Tinggalkan Balasan