Merawat-Instalasi-Listrik
Merawat instalasi listrik rumah  sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemilik rumah  ( bukan PLN ). Ada beberapa contoh kecil trabel listrik yang kurang disadari bagi penggunanya  antara lain, lampu sering mati ( putus ) MCB atau sikring sering trip atau turun.
Beberapa hal seperti diatas adalah merupakan kode atau tanda bahwa kurangnya Merawat instalasi listrik tersebut.

Beberapa hal yang harus diperhatikan atau tips merawat instalasi listrik antara lain :

Pastikan instalasi listrik rumah terpasang dengan benar, aman dan mengunakan material listrik yang berkualitas dan sesuai dengan kapasitas tegangan.

Lakukan pemeriksaan secara rutin, minimal 1 tahun 1 kali, untuk memastikan bahwa instalasi masi bagus.

Untuk instalasi listik yang usia lebih dari 5 tahun, akan lebih baik apabila dilakukan rehabilitasi, mencegah kebocoran isolasi kabel dan lain sebagainya.

Gunakan peralatan elektronik yang sesui dengan daya listrik yang tersambung, dan sesuaikan dengan kapasitas kabel.

Tujuh hal pendukung hemat listrik

1 Minimalkan pembagian group listrik, Semakin sederhana atau minim pembagian group instalasi, semakin hemat juga pemakaian bahan material instalasi dan yang utama daya listriknya.

2 Bagi group berdasarkan wilayah, Pembagian group seperti ini lebih hemat pemakaian kabelnya, dari pada pembagian berdasarkan beban listrik,

3 Box panel dan Kilo meter listrik usahakan berdekatan, Kabel jalur yang dipakai dari KWH ke box panel pengaman adalah kabel yang lebih besar dari kabel instalasi dalam, apabila jarak berdekatan dari segi biaya sudah hemat, dan kemudian kuat hantar arus juga hemat.

4 Posisikan saklar dan stop kontak berdekatan, Dalam hal ini satu pipa counduit bisa untuk dua jalur instalasi kabel sekaligus ( instalasi saklar dan instalasi stop kontak ).

Untuk mencegah kebocoran arus listrik pada masing percabangan instalasi gunakan box Tedus, dan untuk mengantisipasi peralatan elektronik dari bahaya petir gunakan arde pada box PLN.

5 Fitting lampu jenis outbow, daya sebar cahaya jenis outbow lebih luas dibandingkan dengan fitting lampu. Contoh, untuk penerangan ruangan 3 x 4 meter cukup dengan 1 titik lampu outbow, akan tetapi apabila memakai douwn ligh inbow membutuhkan 2 titik lampu.

6 Sesuaikan kabel dengan daya, Jenis kabel harus disesuaikan dengan beban daya KWH dan fungsi instalasi listriknya, Contoh, untuk instalasi fitting lampu dapat menggunakan kabel NYM 2 x 1,5 mm, sedangkan untuk stop kontak gunakan kabel NYM 3 x 2 mm.

Untuk instalasi listrik sederhana daya 900 watt, kabel yang ideal untuk instalasi listiknya berukuran 1,5 mm. Jika daya yang terpasang 900 watt dan voltase PLN 220 volt, arus pada kabel instalasi adalah 4 ampere.Berarti sesuai tabel PUIL 2000 kabel tersebut standar untuk instalasi tersebut.

7 Hindari kebocoran listrik, Penyebab utama kebocoran listrik listrik biasa dipicu dari penyambungan pada percabangan kabel yang tidak sempurna, isolasi kabel yang terkelupas karena material lain ( benturan, gencatan, gesekan )

Saklar atau stop kontak tidak berfungsi dengan sempurna ( penyambungan kabel pada baut kendor ), hal ini juga merupakan salah satu pemicu terjadinya kebocoran arus listrik

Tips agar kulkas hemat energi listrik, beberapa hal perawatan dan penghematan energi pada alat elektronik kulkas antara lain sebagai berikut

1 Pastikan kulkas bila menutup dalam keadaan rapat, alasanya apabila kurang rapat kompresor kulkas akan bekerja keras untuk mendinginkan suhu yang ada di dalamnya.

2 Jangan menghidupkan kulkas pada temperatur rendah, apalagi jika barang yang ada di dalamnya sedikit berakibat akan memboroskan pemakaian daya listrik.

3 Isi kulkas jangan terlalu penuh, sisakan ruang kosong untuk sirkulasi udara, sehingga kompresor tidak bekerja ekstra.

4 Dalam menggunakan flezer, barang yang akan dimasukan gunakan wadah yang tertutup rapat, baru masukan ke dalam flezer.

5 Hindari memasukan makanan atau minuman yang masih panas ke dalam kulkas.

6 Hindari pada saat membuka pintu kulkas berdurasi lama ( jangan buka pintu kulkas terlalu lama.

Jasa Tukang Listrik Di Batam

Artikel
Merawat Instalasi Listrik
Judul
Merawat Instalasi Listrik
Deskripsi
Merawat instalasi listrik rumah  sepenuhnya merupakan tanggung jawab pemilik rumah bukan PLN Ada beberapa contoh kecil trabel listrik yang kurang disadari
Penulis
Penulis
Mandore Id
Gambar Penulis
Merawat Instalasi Listrik

Tinggalkan Balasan