Tips Memilih Konsep Interior Furniture Rumah Sesuai dengan Gaya Bangunan

Tips-Memilih-Konsep-Interior-Furniture-Rumah-Sesuai-Dengan-Gaya-Bangunan
Tips Memilih Konsep Interior Furniture Rumah Sesuai Dengan Gaya Bangunan

Memilih Interior Furniture untuk rumah memang gampang asal telah terpenuhi biaya yang dibutuhkan, tetapi untuk memilih interior furniture yang susuai untuk ruangan dan nyaman untuk dilihat dan dinikmati tidak gampang.
Berikut ini tips untuk memilih dan membeli furniture untuk ruangan rumah anda, agar benar benar dapat sesuai keinginan anda dan tidak menimbulkan penyesalan dikemudian hari.


Survey Ruangan Adakan survey untuk ruang yang akan diisi dengan interior furniture. Perhatikan warna dinding, luas ruang, tinggi plafon, aksesories ruang lain yang akan di aplikasikan serta hal lain yang akan dipilih,

Tema Ruangan

klasik Klasik mengandung pengertian kuno atau zaman dahulu kala. Di Indonesia zaman klasik terjadi pada masa Hindu-Budha. Gaya klasik ini dipengaruhi oleh budaya India melalui agama Hindu Budha. Hal ini dapat dilihat dari bentuk bangunan candi dan patung, seperti Candi Borobudur dan Candi Prambanan
Kesimpulan ketika ruangan atau bangunan rumah anda mempunyai sifat yang saya sebutkan di atas maka konsep klasik sudah terpenuhi

Harga Kitchen Set Jakarta SelatanTukang Interior Furniture Mebel Jakarta Barat

mediterania Ciri-ciri bangunan Mediterania memang sesuai bagi daerah-daerah yang beriklim panas. Keberadaan arsitektur Mediterania merupakan jawaban atasnya. Keindahan tradisi Mediterania dengan karakter bangunan yang berdinding tebal untuk melindungi panas disiang hari namun tetap hangat dimalam hari. Jendela-jendela kecil untuk menahan hawa panas, serta taman yang terlindung secara privacy di dalam bangunan merupakan ciri khusus gaya arsitektur Mediterania yang telah berkembang secara berabad-abad. Setiap wilayah di Mediterania, mempunyai perjalanan sejarah dan keunikan budaya lokal tersendiri. Namun ada beberapa hal yang kerap dijumpai, sehingga dapat dianggap karakter umum arsitektur Mediterania, yaitu:
Kolom dan unsur lengkung yang berakar pada arsitektur klasik Yunani-Romawi pada jendela, pintu dan portico.
Teras, selasar lebar ataupun court yard yang dilengkapi fountain menjadi cara untuk membuat suhu tetap nyaman. Ruang luar merupakan perluasan dari ruang dalam. Dimanfaatkan sebagai ruang duduk atau ruang makan.
Alam menjadi inspirasi pemilihan material finishing lantai, dinding dan plafond. Dinding dibuat dengan tesktur kasar, terkesan alami. Iklim panas,kering,sering tanpa hujan membuat penggunaan atap datar atau atap miring nyaris tanpa teritis.
Sinar matahari kuat di kawasan Laut Mediterania diimbangi dengan penggunaan warna tegas. Yunani, mempunyai ciri paduan biru dan putih. Terinspirasi dari birunya laut Mediterania, dan putihnya awan diatasnya. Afrika Utara, mempunyai ciri warna yang terinspirasi dari warna padang pasir ataupun warna tanah di Delta Sungai Nil.
Dan ada wilayah yang terinspirasi oleh warna landscape di Mediterania, seperti merahnya anggur, kuningnya bunga matahari, dan hijaunya pohon cypress.

minimalis, gaya yang menampilkan elemen yang seperlunya ,sesimpel mungkin tetapi elegan
gaya bangunan minimalis akan terpenuhi sifatnya jika bangunan akan mempunyai ciri sebagai berikut

Mempunyai bentuk dan garis geometris yg tegas.Biasanya didominasi dengan perulangan garisvertikal/horizontal

modern kontemporer
Ciri-ciri yang mendasar pada gaya kontemporer terliahat pada konsep ruang yang terkesan terbuka atau open plan, harmonisasi ruangan yang menyatu dengan ruang luar, memiliki fasad yang terbuka. Arsitektur ini dikenali lewat karakter desain yang praktis dan fungsional dengan pengolahan bentuk geometris yang simple dan warna-warna netral dengan tampilan yang bersih. Penggunaan jendela besar, serta kombinasi bentuk yang unik dan aneh. Banyak menggunakan material alam. Detail detail bergaris lurus. Kenyamanan dan awat tahan lama merupakan nilai penting dalam bangunan kontemporer. Selain itu, dalam hal interior desain kontemporer banyak berpadu dengan tata cahaya untuk menghasilkan kesan ruang yang selalu segar, sebisa mungkin selalu selaras dengan perkembangan desain kekinian.
Perlu diingat bahwa desain bergaya kontemporer yang kita definisikan sekarang secara perlahan akan berubah pada beberapa tahun kedepan tergantung dari perkembangan cara pandang masyarakat terhadap sebuah desain interior. Inilah esensi dari desain kontemporer yang berusaha mengikuti perkembangan jaman dan tetap tampil uptodate dalam berbagai ragam desainnya.

Kitchen Set Murah Bekasi

Tukang Interior Furniture Minimalis Depok

sudah mendapatkan ide dari desain bangunan dan ruangan lanjut ke ukuran ruangan
Ruang Yang Sempit, gunakan interior furniture yang terkesan ringan dan kecil. Furniture kecil bisa memberikan efek luas atau lega pada ruang tersebut. 
Ruang kecil akan terkesan besar bila jumlah furniture sedikit dan terdapat obyek dinding yang cukup besar, misalnya foto atau lukisan yang memenuhi suatu ruangan.Ruang yang besar, dapat dibagi kedalam berbagai area yang berbeda. 
Ruang Yang Besar dapat memberikan banyak pilihan untuk penataan interior furniture. Tetapi jika terlalu banyak ruang yang kosong, dapat menyebabkan terjadinya kesan dingin.
Penyesuaian Warna Sebaiknya pemilihan interior furniture dipadukan dengan warna dinding. Pilih warna perabot yang sesuai dengan warna dinding. Bila warna tembok berwarna krem, usahakan warna perabot berkisar dalam warna monokrom krem atau yang senada.Lebih baik lagi jika anda menggunakan jasa desainer interior untuk menara ruang anda.
Penyesuaian Tema Ruang Untuk pemilihan tema ruang, sesuaikan dengan karakter diri atau keluarga Anda. Jika anda adalah orang yang sibuk dan praktis, dapat memilih tema desain interior furniture yang minimalis.
Saran Warna Untuk Gaya Klasik

Hijau hutan (forest green) dan hijau lumut (moss green)
Alam telah bekerja keras untuk Anda dalam menciptakan kombinasi warna yang harmonis. Anda mungkin tidak terpikirkan untuk memadupadankan kedua warna hijau ini, tetapi seperti yang Anda lihat dari ruang kerja yang mencengangkan ini, kedua warna tersebut menciptakan kesan klasik yang bekerja dengan baik di setiap ruangan, dari ruang kerja atau ruang keluarga sampai kamar tidur orang dewasa.
Lengkapi tampilan ini dengan furniture berwarna hitam dan perabot dari kayu – hal ini akan menciptakan kontras yang dramatis dan membantu menyoroti warna hijau.

Biru dan putih
Kombinasi warna klasik, biru dan putih adalah skema yang mudah untuk dilakukan. Padukan warna biru laut dengan putih yang segar untuk mendapatkan suasana yang berani namun elegan atau gabungkan warna turqoise atau biru telur asin dengan warna kayu terang (blonde wood) untuk ruang keluarga yang mengundang.

Abu-abu dan kuning
Padu padan modern yang memberi kesan netral yang tenang dan hangat dari warna kuning dan abu-abu dijamin dapat mencerahkan ruangan.
Pilih abu-abu timah yang gelap dan kuning gandum yang pucat untuk tampilan yang penuh gaya atau gabungkan abu-abu lembut dengan kuning mustard yang kaya untuk memberi kesan hangat di ruangan

Claret (merah hati) dan warna netral
Hangat dan penuh semangat, warna merah hati, sangat mencolok jika dipadankan dengan warna-warna netral hangat yang bersahaja. Anda mungkin ingin mencoba menambahkan percikan merah hati pada latar berwarna batu, taupe dan abu-abu arang atau membuatnya menjadi warna utama dengan mengecat dinding fitur dalam warna yang indah ini.
Gabungkan dengan kain taktil yang lembut, seperti velvet atau sutra untuk mendapatkan suasana yang benar-benar mewah.

Biru dan kuning
Mencerminkan langit dan matahari, warna biru dan kuning adalah kombinasi alami yang indah. Kedua warna ini adalah kontras yang indah, karena biru memberi kesan luas dan kebebasan, dan kuning menambah kenyamanan dan kehangatan.
Paduan warna ini bekerja dengan baik terutama di ruangan tempat Anda ingin meningkatkan cahaya dan luas, seperti di kamar mandi.

Saran Untuk Konsep Mediterania

Warna
Penentuan warna sangat penting, karena merupakan salah satu unsur utama gaya mediterania. Warna-warna yang menjadi ciri khas dari desain ini adalah, warna-warna yang soft dan tidak mencolok, atau biasa yang disebut warna natural, seperti coklat tanah, atau warna kuli telur dan warna-warna lainnya,

Material
Dalam pemilihan material juga harus diperhatikan, ada baiknya memilih bahan terlihat alami, seperti batu alam misalnya. Bahan-bahan yang bersifat natural juga menjadi ciri khas dari desain rumah mediterania

Furniture
Furniture atau interior rumah mediteranian harus juga disesuaikan dengan desain rumahnya, pada furniture, adanya beberapa ukiran juga bisa diterapkan, hal ini memberikan kesan mewah dan elegan pada desain interior rumah. Ada baiknya agar tidak banyak sekat dalam rumah, karena gaya mediterania mencirikan ruangan yang luas dan tidak banyak sekat.

Saran Untuk Konsep Minimalis

Memilih furnitur yang tepat juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan ketika menata interior ruang tamu dengan ukuran sempit. Terbatasnya lahan tentu akan menuntut Anda untuk memilih furnitur ataupun perabotan yang simpel dan ukurannya sesuai ruangan. Untuk ruang tamu minimalis sebaiknya Anda gunakan sofa dan coffee table yang tidak memiliki banyak ornamen. Anda bisa pilih furnitur multi fungsi agar ruangan lebih efesien dan berfungsi secara maksimal.
Misalnya, coffee table yang memiliki ruang pada bagian bawahnya yang dapat Anda manfaatkan sebagai tempat penyimpanan. Atau bisa juga dengan menggunakan sofa dengan laci-laci penyimpanan di bawahnya.

Saran untuk Konsep Modern Kontemporer

Selain tampilan desain yang bersih dan bersifat timeless, rumah bergaya kontemporer juga mencerminkan kehidupan modern pemiliknya. Contoh penerapan desain modern kontemporer seperti pada tampilan rumah

Salah satu yang bisa menghadirkan kesan modern kontemporer pada sebuah rumah adalah warna-warna yang dipilih. Warna netral, seperti abu-abu, cokelat, dan putih, banyak digunakan pada desain modern kontemporer. Biasanya, warna ini diaplikasikan pada dinding, plafon, dan lantai. Warna tersebut juga dianggap mudah digabungkan dengan warna terang dan warna yang lebih berani. Nantinya, warna yang berbeda akan dijadikan sebagai aksen.

Di hunian ini warna beige diterapkan untuk lantai marmer. Tujuannya, untuk memberi kesan netral dan mudah dipadankan dengan warna interior lain. Dengan demikian, kreativitas dalam menonjolkan detail dari elemen interior menjadi lebih bebas dan luas, seperti pemilihan warna furnitur, aksesori, tekstur material, dan motif.

Pemilihan warna yang berbeda dan berani, seperti merah yang terlihat pada sofa lounge, dijadikan sebagai ornamen pemikat yang eye catching, di antara warna netral lainnya, yaitu off white (warna putih dengan tone yang lebih rendah dan lembut). Sama halnya dengan penerapan warna-warna berbeda di beberapa kamar tidur. Adanya sentuhan warna oranye, biru, fuchsia, dan maroon yang dipilih pada sebagian kecil elemen yang ada, bisa langsung menghidupkan suasana ruangan.

Di ruang keluarga, warna biru pada accent chair serta warna kuning bermotif pada bantal menciptakan suasana yang lebih segar pada sofa warna abu-abu. Sama halnya dengan warna champagne pada pembatas ruangan dekoratif di belakang meja TV, menjadi warna aksen yang dapat menarik perhatian

sumber :
http://www.femina.co.id
http://www.imaniadesain.com
http://edupaint.com/
https://www.dulux.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *