Mengapa Keramik Terangkat Dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Lantai keramik terangkat adalah kejadian yang banyak terjadi di beberapa bangunan rumah ataupun property lainnya , dan kali ini kita akan membahas Mengapa Keramik Terangkat Dan Bagaimana Cara Mencegahnya .
keramik lantai
Lantai keramik terangkat adalah kejadian yang banyak terjadi di beberapa bangunan rumah ataupun property lainnya, dan kali ini kita akan membahas Mengapa Keramik Terangkat Dan Bagaimana Cara Mencegahnya.

Untuk penanganan keramik yang terangkat pada umumnya sama yaitu mengembalikan keramik yang terangkat tersebut pada posisi semula, dan saya rasa semua pembaca sudah paham.

Namun bagaimana caranya supaya tidak terjadi pada terangkatnya pasangan keramik lantai, tulisan ini akan memberikan sedikit gambarannya dan untuk pembaca yang akan memasang keramik akan tahu bagaimana tidak terjadi lantai keramik tidak terangkat .


Keramik Lantai Terangkat Tanpa Adukannya


Kejadian lantai terangkat tanpa adukannya ini bisa terjadi di lantai manapun entah itu lantai dasar, lantai 1 dan seterusnya

hal ini di akibatkan 2 faktor yang mempengaruhinya yaitu

Keramik yang tidak di rendam dahulu sebelum pemasang, karena keramik yang mempunyai sifat menyerap air dan ketika di dalam bidang keramik kekurangan air maka tanpa di sadari keramik akan menyerap kandungan air yang berada di adukan dan hal ini akan memaksa untuk kering dini ( kering yang di paksakan ).

Untuk tindakan terbaik sebelum memasang keramik sebaiknya keramik di rendam dahulu kurang lebih 20 menit dan setelah itu tiriskan dengan cara di angkat lalu di miringkan sampai hilang airnya tetapi keramik terlihat basah.

Keramik yang tidak di beri perekat acian pada bagian bawah, tindakan memberi acian pada pemasangan keramik adalah penting sekali jadi jika pembaca adalah tukang keramik pekerjaan ini jangan sampai di lupakan atau di lewatkan karena jika adukan pasir kandungan semennya kurang akan mengakibatkan terangkatnya keramik lantai pada adukan.

Keramik Lantai Terangkat Dengan Adukannya


Peristiwa keramik terangkat dengan adukannya umumnya terjadi pada lantai 1 atau pasangan keramik diatas dak beton, meskipun tidak menutup kemungkinan terjadi pada lantai dasar.

Para insinyur menyarankan untuk memberi urugkan pasir di atas dak yang akan di pasang keramik mempunyai alasan bahwa keramik yang terangkat ini di sebabkan oleh struktur bangunan yang kurang kokoh.

Atau struktur bangunan tidak design untuk menahan beban yang berlebihan karena terjadinya proses bangunan tumbuh.

Meskipun alasan di atas tidak masuk akal dengan bantahan bahwa struktur rumah kuat tetapi faktor kontur tanah juga berpengaruh pada bergesernya struktur bangunan dan yang terjadi suatu saat adalah terangkatnya keramik lantai berikut adukan.

Alasan memberi urukan pada dak bangunan yang akan di pasang keramik sangat logis dan bisa di terima orang dalam bidang ini yaitu insinyur bangunan.

Karena jika terjadi pergerakan struktur bangunan maka pasangan keramik mempunyai jeda antara adukan keramik dan dak yang di batasi oleh pasir dan ini membuat keramik tidak terangkat tetapi akan bergeser dan itupun hitungan persekian mili meter.

Sebenarnya masih banyak alasan kenapa keramik terangkat atau terkelupas, dan untuk menentukan harus dipelajari dahulu dilokasi.

Karena setiap lokasi akan mempunyai permasalahan yang bebeda-beda dan yang saya sebutkan diatas adalah permasalahan umum pada kasus terlepasnya keramik.


Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain