Keramik Dinding ( Fungsi Keramik Dinding , Cara Memilih Motif Keramik , Ukuran Keramik ,Warna Keramik Dan Ketebalan Keramik Dinding )

keramik dinding

 Dijaman sekarang Keramik Dinding adalah elemen penting dalam sebuah interior dan eksterior property ,maka tak heran apabila produsen keramik memproduksi keramik dinding dengan berbagai warna dan motif serta ukuran untuk memenuhi kebutuhan konsumen

Jika kamu sedang mencari sesuatu informasi mengenai keramik dinding , maka tulisan ini jangan sampai kamu lewatkan meskipun satu paragraf saja karena akan kita bahas semuanya yang berhubungan dengan keramik dinding

Fungsi Keramik Dinding

 Keramik Dinding mempunyai beberapa fungsi jika dilhat dari segi penempatan dan pemasangan keramik tersebut

Keramik Dinding Mencegah kebocoran 

keramik dinding kamar mandi

 

 Kamar mandi dengan dinding keramik akan lebih terjaga  dari masalah kebocoran air atau air yang tembus ke ruangan yang lain yang seharusnya tidak terjadi karena keramik mempunyai sifat yang padat dan tidak tembus air maka dalam hal ini keramik adalah solusi terbaik guna mengatasi kebocoran air .

Keramik Dinding sebagai Interior ruangan

keramik dinding ruang tamu

 

 

 Beberapa orang lebih suka megaplikasikan keramik untuk bahan finishing dindingnya , hal ini karena keramik lebih awet dari material lainnya , contohnya hpl , triplek dan kayu .

Akan tetapi kamu tidak harus memasang keramik pada semua sisi dinding karena ketika dinding di penuhi dengan pasangan keramik akan terlihat norak

Keramik Dinding Berfungsi penahan suhu

keramik dinding teras

 

 Jika rumah kamu menghadap ke timur atau ke barat , pada saat tertentu akan terkena sinar matahari yang berlebih dan hal ini akan membuat suhu rumah menjadi naik , maka keramik dinding adalah salah satu opsi untuk menangani masalah suhu dalam rumah .

Keramik Dinding menegaskan konsep bangunan

keramik dinding depan rumah

 

 Sebagian orang lebih suka menjelaskan konsep propertinya dengan keramik dinding , apapun jenis konsep yang mereka inginkan entah itu minimalis , modern , klasik , industrial maka keramik mampu menjelaskan kepada viewernya  karena di pasaran  tersedia macam motif keramik untuk dinding

Keramik Dinding untuk mencegah noda

keramik dinding dapur

 

 Dinding dapur akan lebih mudah di bersihkan dari noda yang dihasilkan dari proses memasak jika menggunakan keramik pada dindingnya dan ini akan membuat dinding dapur akan lebih awet jika dibandingkan dengan bahan finishing lainnya , seperti cat .


Dari bab  fungsi keramik dinding tersebut diatas maka kamu sudah mendapatkan alasan untuk menggunakan keramik pada dinding properti kamu maka proses selanjutnya adalah menentukan corak , motif beserta ukuran keramik dinding dan hal ini akan di pengaruhi pada konsep yang kamu bangun , maka selektif memilih keramik dinding itu perlu


Cara Memilih Keramik Dinding

Pada bab cara memilih keramik dinding penulis tidak akan membicarakan anggaran , tidak selayaknya jasa pasang keramik mengajari kamu soal anggaran karena kalian adalah sultan , maka sultan bebas menentukan anggarannya sendiri , selama kalian suka maka akan di beli .

Ukuran Keramik Dinding

ukuran keramik dinding 

 Menentukan ukuran keramik dinding yang akan dipakai sangat penting hal ini akan mempengaruhi nanti hasilnya ketika diaplikasikan pada elemen lainnya , tidak percaya kita ambil contoh bagaimana ketika keramik dinding dengan ukuran 25 x 40 pada dapur diaplikasikan pada meja dapur dengan batu granit maka akan mendapatkan istilah njomplang , jadi sekali lagi kalian haru memperhatikan ukuran keramik dinding yang akan dipakai .

Motif Dan Warna Keramik Dinding

motif keramik dinding batu alam

 

 Memberikan corak atau motif pada dinding merupakan salah satu cara membuat dinding tampil menarik Coba dengan keramik dinding. Banyak dari kita mengenal keramik hanya sebagai material lantai. Kalaupun ada yang menggunakan keramik dinding, biasanya hanya untuk kamar mandi. Tapi, sekarang sudah banyak produsen keramik yang menyediakan desain khusus keramik dinding untuk segala ruangan. Keramik-keramik itu bukan hanya warna-warnanya yang beragam, pun begitu motifnya. Ada motif floral hingga polkadot. Sehingga selain mempercantik tampilan, keramik-keramik tersebut juga bisa menjadi aksen pada dinding.

Ketebalan Keramik Dinding 

Jika kamu beranggapan bahwa ukuran keramik dinding adalah satu ukuran maka mulai sekarang buang jauh-jauh itu karena pada kenyataannya produsen keramik memberikan beberapa pilihan ketebalan keramik dinding , mulai dari 6 mm , 7 mm , 9 mm , 12 mm bahkan penulis pernah memasang keramik dinding dengan ukuran 18 mm , jadi dalam hal menentukan ketebalan keramik sebaiknya kalian pikirkan keramik tersebut akan dipasang di bagian mana dan ketebalan keramik tersebut berpengaruh .

 Pola Pemasangan Keramik Dinding

 pola pemasangan keramik dinding

 


Teknik pemasangan keramik, terutama keramik dinding, berpengaruh pada tampilan ruang. Tidak  percaya? Horizontal atau vertikal mempunyai dampak berbeda. Tidak semua orang beruntung memiliki lahan yang cukup luas untuk kamar mandi, bagi mereka, mungkin termasuk Kamu, yang memiliki kamar mandi berukuran mungil, jangan berkecil hati. Ada cara menarik untuk membuat  kamar mandi mungil jadi tampak lebih lega.

Hanya dengan mengatur penempatan keramiknya. Pada dunia tata interior, perhatian terhadap penempatan secara horizontal atau vertikal punya efek yang berbeda. Nah, kaidah inilah yang akan kita adaptasi dalam pemasangan keramik. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih keramik yang berbentuk persegi panjang, bukan bujur sangkar. Pilih yang berukuran 30 cm x 60 cm contohnya.

Langkah berikutnya adalah tilik bagaimana keadaan kamar mandi Kamu, apa yang menjadi kekurangannya. Apakah Kamu menginginkan langit-langit kamar mandi tampak lebih tinggi, atau ruangan tampak lebih lebar? Pemasangan keramik dinding secara horizontal memberikan efek langit-langit kamar mandi tampak lebih tinggi. Efek yang sama didapat saat kita memasang wallcover bermotif garis horizontal.

Untuk membuat kamar mandi tampak lebih lebar, pasang keramik secara vertikal. Efek yang sama didapat kalau kita menempatkan bingkai foto atau lukisan, sejajar seara vertikal. Untuk keramik lantai, lebih baik pilih keramik berukuran besar dan berwarna terang. Keramik seperti ini akan membuat kamar mandi tampak lebih lapang.


 Kelebihan Dan Kekurangan Keramik Dinding belum di edit


Kelebihan Keramik Dinding


Berbeda dengan cat dan wallpaper, keramik dinding tidak akan lembab, memudar dan menguning karena rembesan air. Sifat materialnya yang kokoh membuatnya lebih tahan lama.
Mudah Dibersihkan

Membayangkan cat yang kotor akibat tangan-tangan jahil atau wallpaper yang tidak sengaja tercoret tentu sangat menyebalkan. Namun tidak dengan keramik dinding yang bersifat spotless dan mudah dibersihkan. Cukup gunakan lap basah untuk membersihkan debu yang menempel.

Pengaplikasian keramik dinding akan mengehemat waktu dan uang untuk proses pengacian yang mana menggunakan banyak semen dalam prosesnya.

Teknik tiling yang digunakan pada pengaplikasian keramik dinding akan menjadi proses yang seru di mana Anda dapat berkreasi dengan berbagai motif, sesuai dengan imajinasi dan ambience yang ingin dibangun.

Kekurangan Keramik Dinding


Dari berbagai kelebihannya, ternyata cost untuk pemasangan keramik dinding terbilang cukup mahal. Pasalnya selain harga keramik yang tidak murah, pemasangannya pun harus dilakukan oleh seorang ahli. Pengaplikasian keramik pada dinding jauh lebih sulit dan membutuhkan teknik dari pemasangan di lantai. Jika Anda berniat untuk memasang keramik dinding, pastikan menggunakan jasa dari orang yang sudah berpengalaman untuk hasil terbaik.


Cara membersihkan keramik dinding belum di edit

cara membersihkan keramik dinding


Sejatinya, cara membersihkan keramik dinding tidak jauh berbeda seperti keramik untuk lantai. hanya saja, karena posisinya yang berada di dinding sehingga sering dilihat, bahkan menjadi focal point, keramik ini harus mendapat perhatian ekstra dan rutin dibersihkan. Terlebih, keramik dinding juga biasanya memiliki bentuk dan motif yang lebih beragam, sehingga perlu memperoleh perawatan khusus.


Bilas Sampai Bersih


Setelah membersihkannya dengan produk pembersih lantai, serta menghilangkan noda membandel dengan sikat, keramik dinding perlu dibilas sampai bersih. Bahkan bila perlu, proses pembilasan ini Anda lakukan sebanyak dua sampai tiga kali. Ini untuk memastikan tidak ada noda atau bekas sabun yang masih menempel pada keramik dinding.

Noda atau cairan pembersih yang masih menempel rentan bau dan menimbulkan noda lain yang lebih berkerak nantinya. Selain itu, pembilasan sampai bersih juga penting agar keramik bersih berkilau. Tidak ada sisa sabun yang lengket dan melapisi keramik seperti lapisan lilin.

Biarkan Atau Lap Sampai Kering


Usai membersihkan dan mebilas, biarkan dinding keramik mengering dengan sendirinya. Atau, Anda bisa mengelapnya menggunnakan kain atau spon lembut. Sementara saat sudah kering, lap keramik dinding dengan kain kering atau microfiber. Ini untuk mengangkat debu sekaligus menghilangkan noda bekas air yang tersisa dan menempel pada keramik. Hasilnya, keramik dinding bersih maksimal. Bila hal ini rutin dilakukan, tapilan ruangan pun akan indah dan terjaga untuk waktu yang cukup lama.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Keramik Dinding ( Fungsi Keramik Dinding , Cara Memilih Motif Keramik , Ukuran Keramik ,Warna Keramik Dan Ketebalan Keramik Dinding )"

  1. Motif Keramik Dinding Luar Rumah, keramik motif batu alam untuk dinding depan, motif keramik dinding teras, Keramik Dinding Depan Rumah

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel