-->

Pemasangan Keramik Lantai Diagonal

Pemasangan Keramik Lantai Diagonal
Artikel kali ini kami akan membahas pemasangan keramik lantai diagonal yang telah saya lakukan beberapa waktu yang lalu.

Alkisah pada suatu waktu saya dipanggil oleh calon klien saya untuk diajak berdiskusi dengan beliau mengenai permasalahan pemasangan keramik secara diagonal yang ingin diterapkan pada lantai rumahnya .

Selama pertemuan tersebut kami hanya membahas pemasangan keramik yang akan dilakukan di rumah tersebut dan saya diminta untuk memaparkan mengenai kelebihan dan kekurangan jika lantai rumah tersebut dipasang keramik secara diagonal.

Nah pada artikel kali ini sekalian kita bahas tentang pemasangan keramik secara diagonal sebagai pengetahuan untuk yang ingin rumahnya di pasang keramik diagonal .

Pemasangan Keramik Diagonal Diperlukan Border 


Bagi kalian yang tidak tahu istilah border dalam pemasangan keramik maka penjelasan singkatnya adalah border adalah pasangan keramik pada tepi ruangan yang mengikuti bentuk ruangan dan biasanya ukuran border bervariasi mulai dari 20 cm sampai 30 cm tergantung luas ruangan, dan disesuaikan dengan kepantasan dari rasio ruangan tersebut.

Border mempunyai fungsi agar pasangan keramik diagonal dengan plin mempunyai pembatas, hal ini supaya antara nat plin dan nat keramik lantai tidak semrawut.

Border pada pasangan keramik diagonal tersebut biasanya mempunyai warna yang berbeda dengan keramik yang dipasang secara diagonal, contohnya keramik yang dipasang diagonal berwarna putih maka keramik yang untuk border bisa menggunakan warna hitam dan memang kebanyakan untuk warna border sendiri orang lebih menyukai hitam sebagai pilihan.

Pasangan Keramik Diagonal Banyak Keramik Yang Terbuang


Pemasangan keramik diagonal tidak seperti pemasangan keramik pada umumnya, kerena penggunaan keramik pada lantai diagonal memerlukan penggunaan keramik yang banyak hal ini karena sisa potongan belum tentu bisa digunakan untuk sisi ruangan yang berlawanan.

Nah jika kalian ingin menghemat anggaran dari biaya belanja keramik maka tidak disarankan untuk menggunakan jenis pemasangan diagonal karena nanti akan banyak keramik yang tidak terpakai.

Karena pada setiap sisi pada ruangan akan menggunakan sudut dari keramik yang akan dipotong menjadi segitiga sedangkan kemungkinan terpakai hanya 2 sudut pada bagian keramik, apalagi dengan kondisi ruangan yang tidak siku.

Fungsi Dari Pemasangan Keramik Diagonal Untuk Menyemukan Ruangan Yang Tidak Siku


Pemasangan keramik diagonal fungsinya adalah untuk menyemukan ruangan yang tidak siku, ingat ya hanya untuk menenyemukan bukan berarti ruangan akan menjadi siku, disinilah banyak orang yang menyimpulkan sendiri tidak memahami makna dari kata menyemukan.

Jika pemahamannya menyemukan artinya tidak akan terlihat secara mencolok ruangan yang tidak siku karena jarak antara nat keramik dan dinding tidak kelihatan maka saya setuju tetapi jika menghilangkan ruangan yang awalnya tidak siku menjadi siku maka anggapan ini salah, intinya ruangan tetapi tidak siku tetapi akan tidak terlihat bahwa ruang itu tidak siku hal ini berbanding terbalik dengan pemasangan keramik biasa.

Selain untuk menyemukan ruangan yang tidak siku, ada beberapa orang yang menganggap bahwa pasangan keramik secara diagonal akan terlihat elegan apalagi jika menggunakan keramik border yang berbeda warna tetapi perlu diperhatikan bahwa nat dari pasangan keramik diagonal akan terlihat rame, saran terbaik adalah menggunakan keramik yang berukuran lebaran dan membuat nat berukuran 1 mm.

Pemasangan Keramik Lantai Diagonal Fungsi Dari Pemasangan Keramik Diagonal untuk menyemukan Ruangan Yang Tidak Siku.