Mengenali Jenis KW Keramik Saat Memilih


 
Dikala kita akan membangun ataupun merenovasi rumah hingga memilah keramik ialah salah satu perihal yang berarti. Banyak orang yang menyepelekan perihal ini tercantum aku sendiri sesungguhnya. Tetapi apabila sobat mau membangun suatu rumah ataupun merenovasinya hingga terdapat baiknya sobat mengenali sebagian perihal mendasar tentang keramik.

Pada postingan kali ini hendak dibahas menimpa perbandingan keramik KW1, KW2, KW3, hendaknya kita membeli yang mana serta pula sebagian panduan pemilihan lantai buat kamar mandi, teras, garasi, dapur, dsb.

Apa itu Keramik KW1, KW2, KW3?

Sebutan KW identik dengan benda palsu, tetapi tidak halnya dengan keramik. KW1, KW2, serta KW3 itu terbuat oleh pabrikan yang sama, alias seluruhnya asli, tidak terdapat yang palsu. Kemudian kelainannya dimana? Beda di mutu.

KW1 ataupun kadangkala diucap Grade A mempunyai mutu yang sangat bagus, sebaliknya KW3 sangat kurang baik. Seburuk apa sih? Kok dapat dalam satu pabrik menghasilkan mutu yang berbeda? Berikut penjelasannya.

Kala suatu pabrik memproduksi keramik, mereka hendak melaksanakan pengujian( Quality Control/ QC) terlebih dulu terhadap mutu hasil produksinya saat sebelum produknya didistribusikan ke pasaran.

Dari hasil pengujian inilah hendak didetetapkan KW1, 2 serta 3. Jadi sesungguhnya seluruhnya di penciptaan dalam pabrik yang sama dengan tata cara ataupun metode yang sama.

Singkatnya, satu penciptaan yang sama
hendak dicoba QC
Keramik yang" sempurna" dicap KW1
yang lumayan bagus dicap KW2
yang kurang bagus dicap KW3.

Metode Mengenali Grade Keramik KW1, KW2 serta KW3

apa itu keramik kw1 kw2 kw3 panduan memilah keramik

Identitas Keramik KW3

Grade mutu keramik dapat dilihat pada kardus kemasannya( amati foto point 1). Ataupun dapat pula menanyakan ke penjual. Tetapi jika bertanya ke penjual terkadang bilangnya KW2, nyatanya dikala dikirim KW3.

Buat KW1 terkadang ditulis grade A. Sebaliknya buat KW3 kadangkala pula tidak ditulis penjelasan KW3, tetapi kardusnya memakai polos, tidak bermerk ataupun semacam seadanya.

Perbandingan KW1, KW2 serta KW3

Keramik KW1 merupakan yang sangat bagus. Dalam makna permukaannya" tidak terdapat"/ sangat sedikit cacat, rupanya rata serta pula ukurannya presisi antara satu keramik dengan yang lain. Catatan: Meski dilabeli KW1, tetapi belum pasti berarti 100% leluasa cacat. Bisa jadi terdapat ketidaksempurnaan, tetapi sangat sedikit.

Keramik KW2 mempunyai mutu mirip dengan KW1. Kelainannya bisa jadi terdapat sedikit cacat di permukaan, misalnya semacam terdapat retak rambut di finishing lapisannya( amati foto point 2) ataupun gradasi rupanya kurang rata, dsb. Tetapi buat keramik KW2 umumnya jika orang awam tidak sangat dapat membedakannya dengan yang KW1, kecuali yang biasa pasang keramik ataupun yang matanya teliti.

Keramik KW3 dapat dibilang sangat kurang baik. Tidak hanya mungkin terdapat cacat di permukaan, dapat pula ukurannya tidak presisi dalam artian antara keramik satu dengan yang lain berbeda dimensi sebagian milimeter( antara 1- 3mm, jika parah dapat 5mm).

Keramik KW3 yang perbandingan ukurannya sangat jauh hendak tidak bisa jadi dipasang sejajar, meski telah diakali dengan nat yang lumayan besar.( nat= pengisi jarak antara satu ubin dengan yang lain). Jika dituntut dipasang sejajar, keramiknya hendak nampak tidak apik, alias dapat nampak semacam naik turun, tidak dapat ditarik garis lurus( amati Foto Point 2).

Buat mensiasati keramik KW3 yang beda ukurannya besar, hingga pemasangan keramik wajib model batu- bata( amati foto point 3). Dengan begini perbandingan ukurannya tidak sangat nampak apalagi dapat dibilang tidak nampak.

Note:

Tidak seluruh keramik KW3 mempunyai mutu permukaan yang kurang baik+ tidak presisi. Terdapat pula yang permukaannya halus/ bagus tetapi cuma ukurannya yang kurang presisi serta kebalikannya terdapat yang permukaannya bisa jadi terdapat cacat, dsb, tetapi ukurannya presisi.

Kekuatan keramik KW1, 2 serta 3 sama saja, sebab terbuat di pabrik yang sama dengan metode serta bahan yang sama pula.

Jika terdapat keramik KW4, dapat dibilang itu yang sangat parah, bisa jadi hendaknya jangan dibeli kecuali dijual dengan harga sangat murah ataupun jika sobat lagi perlu pasang keramik dengan warna abstrak

Jadi, hendaknya beli keramik KW1, KW2 ataupun KW3?

Buat perihal ini sesungguhnya bergantung kantong pula sih. Jika dananya terdapat ataupun berlebih, jelas hendaknya beli keramik KW1. Jika kayaknya mubasir beli KW1, hingga beli KW2 pula tidak permasalahan, kualitasnya tidak jauh beda dengan KW1.

Apakah layak beli KW3? Bergantung seberapa" parah" KW3- nya. Buat perihal ini memanglah agak sulit pula buat mengetahuinya, sebab umumnya baru dapat nampak sehabis keramiknya dikeluarkan dari kardus.

Jika seandainya ingin berupaya keramik KW3, bisa jadi dapat beli sedikit dahulu, jika dirasa bagus ataupun masih masuk, baru beli lagi sisanya. Sesungguhnya" efek terbanyak" membeli KW3 merupakan ukurannya yang tidak presisi- sehingga pasangnya wajib model batu bata- jika dari segi permukaan ataupun finishing dapat dibilang masih dapat di toleransi( bersumber pada pengalaman).

Aku individu sempat membeli keramik KW3 serta bagi aku kualitasnya masih lumayan bagus kok serta tidak menyesal beli yang KW3. Bagaikan catatan, jika perlu keramiknya tidak sangat banyak, hingga hendaknya beli yang KW2 ataupun KW1 sebab namanya keramik hendak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Tidak hanya itu jika cuma perlu sedikit, beda biayanya tidak hendak sangat banyak.

Panduan Universal Memilah Keramik

Merk

Buat merek aku tidak dapat berikan anjuran sangat banyak. Sepatutnya merek yang mahal membagikan mutu yang lebih bagus ya. Bisa jadi pada dini pembelian antara merek yang mahal dengan yang murah dari segi tampilan sama saja.

Tetapi umumnya baru nampak perbedaanya sehabis digunakan sebagian lama. Yang mahal( sepatutnya) lebih awet, misalnya permukaannya masih sama semacam baru dibeli, sedangkan yang murah bisa jadi telah semacam kurang mengkilat, terkelupas, dsb.

Warna

Corak yang terang ataupun cerah hendak berikan kesan yang luas. Bila ruangannya tidak sangat besar, dianjurkan gunakan corak cerah buat menjauhi kesan kecil.

Tetapi jika ruangannya luas, hingga opsi corak lebih fleksibel serta bisa disesuaikan dengan tema yang digunakan. Corak hitam apabila digunakan dengan pas bisa memunculkan kesan cozy, dapat pula jadi berkelas ataupun romantis ataupun hangat. Bergantung penggunaannya.

Imajinasikan perabotan yang hendak digunakan itu dominan corak apa dan cat temboknya corak apa serta kemudian bayangkan bila dipadukan dengan keramik yang sobat hendak pakai, kira- kira hendak nampak bagus ataupun tidak.

Perihal ini berarti, sebab dikala kita memandang serta memilah keramik, terkadang kayaknya nampak sangat bagus, tetapi dikala dipasang malah nampak kurang sesuai apalagi kurang baik sebab tidak matching dengan tema ruangan.

Ukuran

Keramik berdimensi besar hendak membuat kesan ruangan nampak lebih luas. Perihal ini disebabkan dikala kita memandang keramik dimensi big, hingga otak kita hendak berpikir kalau ruangan ini besar.

Tetapi jangan pula memakai keramik yang terlampaui besar, tidak sebanding dengan dimensi ruangannya sebab malah hendak nampak semacam timpang. Buat ruang tamu, hendaknya memakai jangan lebih kecil dari 30X30cm( diatas itu boleh serta dianjurkan), dibawah itu hendak nampak" sumpek". Ini cuma komentar aku individu sih.

Cari Diskonan

Telah bukan rahasia jika keramik yang dijual di toko bangunan swalayan ber- AC umumnya dijual dengan harga sedikit lebih mahal dibandingkan toko- toko keramik pinggir jalur. Tetapi coba cari diskonan di tempat itu, terkadang kita dapat menciptakan keramik dengan mutu lumayan bagus dengan harga yang lebih rendah dibandingkan pasaran.

Beli langsung banyak

Panduan ini bermanfaat bila sobat memerlukan keramik dalam jumlah banyak serta memakai corak tidak hanya putih. Saat sebelum beli, pasti saja sobat butuh tanyakan dahulu ke toko keramiknya terdapat berapa sisa stoknya. Bila telah tinggal sedikit ataupun pas- pasan hendaknya beli langsung banyak.

Sebabnya merupakan, bila telah beda penciptaan, hingga sobat tidak hendak memperoleh keramik dengan corak yang sama persis, meski kode barangnya sama.

Misalnya sobat beli keramik merek A corak navy blue penciptaan bulan Januari. Kemudian sehabis itu sobat beli lagi merek serta corak yang sama tetapi telah beda penciptaan( misalnya penciptaan April), hingga sangat besar kemungkinannya- bahkan jika kata toko keramiknya- tentu hendak ada perbandingan corak dengan yang penciptaan tadinya. Jadi bila dipasang hendak nampak belang. Seberapa besar kelainannya? Cuma Tuhan serta pabrik keramik yang ketahui. Kadangkala beda jauh, kadangkala hanya sedikit saja.

Intinya merupakan, jika ingin beli keramik buat satu ruangan, hingga hendaknya beli sekaligus banyak ataupun paling tidak lumayan buat satu ruangan itu. Jika beli sedikit- sedikit kemudian stok- nya habis, dapat belang.

Finishing Permukaan/ Glasir

Permukaan keramik berbeda- beda. Biasanya terdapat yang glossy/ mengkilat, terdapat yang matte/ dof, terdapat yang satin( antara matte serta glossy) kemudian terdapat pula yang permukaannya agresif semacam amplas.

Seleksi permukaan keramik cocok dengan peruntukannya. Hendak dibahas lebih detil dibawah.

Cek Mutu permukaannya

Buat mengecek ini sesungguhnya agak sedikit" berbahaya" sih. Khawatir di omelin sama yang jual keramik he he. Jika membolehkan( ataupun jika butuh memohon ijin dahulu), coba gesek- gesek permukaan keramik gunakan barang yang dibuat dari besi, misalnya gunakan kunci. Kemudian amati apakah terdapat guratan ataupun tidak.

Pasti saja tidak butuh ekstrim menggoresnya, seperlunya saja buat mengenali apakah keramik itu gampang sekali baret ataupun tidak.

Cek Beratnya

Coba angkat keramik yang ingin dibeli. Jika terasa ringan mungkin itu buat bilik. Jika lebih berat umumnya buat lantai. Hendak dipaparkan lebih detil dibawah.

Panduan Memilah Lantai Kamar Mandi

1. Pakai Keramik Dengan Permukaan Kasar

Yang sangat berarti buat diingat merupakan, buat lantai kamar mandi wajib memakai keramik dengan permukaan agresif. Cari keramik yang agresif semacam amplas, coba raba dengan tangan apakah terasa kesat ataupun tidak.

Agresif berbeda dengan tidak rata. Sebab terdapat keramik yang permukaannya tidak rata tetapi permukaannya sesungguhnya licin. Jadi raba saja dengan tangan buat membenarkan permukaannya kesat, jangan cuma mengandalkan penglihatan,

JANGAN memakai keramik dengan permukaan glossy serta licin sebab sangat beresiko dapat terpleset jika terserang air.

2. Jangan Pakai Keramik Berdimensi Sangat Besar

Bisa jadi sobat berpikir mau membuat kamar mandi nampak luas kemudian memakai keramik dimensi besar. Perihal ini hendaknya dihindari serta dilihat dahulu keadaan ruangan serta penempatannya.

Sebabnya merupakan jika di kamar mandi umumnya ada banyak lekuk- lekuk serta butuh dipotong bagian- bagian dari keramiknya. Misalnya buat membiasakan dengan lekuk wc ataupun dengan pipa wastafel, dsb. Jika gunakan keramik dimensi besar hendak susah memotong serta settingnya.

Jadi, pakai keramik dengan dimensi yang cocok, jangan yang sangat besar supaya proses instalasi serta pemasangannya tidak sangat merepotkan serta nampak bagus/ tidak aneh.

3. Seleksi Keramik Spesial Buat Dinding

Bilik kamar mandi hendaknya dipasang keramik supaya tidak jamuran. Tidak butuh dipasang hingga keatas bila dananya pas- pasan, lumayan dipasang seperlunya saja setinggi cipratan air menimpa bilik( umumnya separuh dari besar kamar mandi).

Aku dahulu berpikir keramik buat bilik dengan keramik di lantai sama saja. Nyatanya sesungguhnya berbeda.

Apa kelainannya? Keramik buat lantai kerap menemukan beban berat( dilewati orang ataupun kendaraan), oleh sebab itu terbakar cuma satu kali saja( Single Firing). Tujuannya supaya permukaannya keras tetapi masih lumayan kokoh serta tahan beban kejut.

Sebaliknya keramik buat bilik umumnya terbakar 2 kali( Double Firing). Tujuannya merupakan meminimalir isi air di dalam keramik. Dampak positifnya merupakan jadi lebih tahan air serta pula ringan, sesuai buat ditempel di bilik sebab letaknya vertikal. Tetapi pula mempunyai dampak negatif sebab terbakar 2 kali jadi lebih getas serta gampang rusak bila menemukan beban berat.

Keramik buat lantai dapat saja jika ingin dipakai buat bilik, tetapi JANGAN kebalikannya. Sebabnya itu tadi, keramik buat bilik lebih rapuh jika diinjak.

Jasa Pasang Keramik Bekasi 

Jika sobat mau memakai 2 corak yang berbeda pada bilik, misalnya keramik corak hitam dibawah serta corak cerah diatas, hingga sobat dapat memakai yang namanya Listello- yaitu semacam keramik berdimensi tidak sangat besar yang bermanfaat bagaikan pembatas ataupun bagaikan aksen/ pemanis.

Panduan Memilah Keramik Lantai Ruang Tamu& Kamar Tidur

Buat ruang tamu serta kamar tidur, dianjurkan gunakan keramik yang mempunyai permukaan glossy( mengkilat) ataupun yang satin dengan permukaan yang licin. Sebabnya sebab lantai ruang tamu serta kamar tidur kerap kita lewatkan serta bisa jadi hendak kerap buat duduk- duduk ataupun kanak- kanak bermain.

Dengan lantai yang permukaannya licin hendak gampang membersihkannya jika terdapat bercak ataupun kotoran. Sebaliknya buat corak, dimensi dll dapat menjajaki panduan memilah keramik universal diatas.

Panduan Memilah Lantai Teras

Buat teras butuh memikirkan apakah terserang hujan ataupun tidak. Jika kena hujan hendaknya gunakan keramik yang agresif serta kebalikannya.

Sebagian orang memilah memakai keramik dengan motif batu- batu buat menunjukkan kesan alami, tetapi yang butuh dipikirkan merupakan, bila memakai motif batu- batu serta terasnya dekat dengan rerumputan ataupun tanah, bila terdapat fauna semacam kelabang, dsb hendak sedikit menyaru/ agak susah nampak kala lagi berjalan di atas keramik motif alami.

Tidak hanya itu, buat keramik yang model 3D ataupun mencuat, butuh dicermati pula apakah kerap dilewati ataupun tidak. Jika kerap dilewati, dalam jangka lama dapat saja membuat bagian yang mencuat itu terkikis serta nampak putih- putih.

Itu merupakan efek yang butuh dipikirkan, tetapi jika aku individu senantiasa memakai keramik motif batu- batu yang mencuat sebab nampak lebih apik( balik lagi ke selera).

Panduan Memilah Lantai Dapur

Jika dapurnya kerap terserang air/ dapur basah, hingga hendaknya seleksi keramik yang permukaan agresif. Jika dapur kering hingga boleh gunakan yang licin. Disesuaikan saja. Yang lain simak panduan universal diatas.

Panduan Memilah Keramik Buat Lantai Garasi/ Car Port.

1. Beli Yang Tahan Beban Berat

Sebab garasi hendak kerap dilewati oleh kendaraan, entah mobil ataupun motor, hingga seleksi keramik yang kokoh serta tahan beban. Umumnya keramik buat garasi lebih berat. Tetapi jika gunakan keramik yang buat lantai sesungguhnya bisa- bisa saja. Asal jangan gunakan keramik yang buat bilik, gampang rusak.

2. Beli Yang Agresif/ Keset

Sangat dianjurkan memakai keramik yang keset/ agresif buat garasi. Sebab jika kendaran baru kehujanan kemudian masuk ke garasi hingga sangat beresiko buat motor sebab gampang terjatuh sebab licin( aku sempat mengalaminya).

Jika buat mobil, bila garasinya agak sedikit menanjak serta memakai keramik licin hingga ban hendak gampang slip yang menimbulkan mobil tidak dapat naik/ masuk garasi.

Jika sebab satu serta lain perihal sobat tidak mau gunakan keramik yang agresif, hingga dapat memakai paling tidak pada jalan yang dilewati oleh ban kendaraan saja, sisanya gunakan yang licin( tidak sangat dianjurkan).

Demikianlah postingan menimpa perbandingan keramik KW1, KW2, serta KW3 dan panduan memilah keramik buat kamar mandi, garasi, teras, ruang tamu, dll. Mudah- mudahan berguna 

Jasa Pasang Keramik di Jakarta , Tangerang , Bogor , Bekasi , Depok