Contoh Model Pintu Utama

Dalam proses pembangunan rumah ataupun renovasi rumah pemilihan model pintu utama adalah sesuatu yang wajib di lakukan , hal ini karena model pintu
Contoh Model Pintu Utama

Dalam proses pembangunan rumah ataupun renovasi rumah pemilihan model pintu utama adalah sesuatu yang wajib di lakukan, hal ini karena model pintu utama rumah adalah salah satu faktor penentu bagaimana desian tampak depan rumah akan terbentuk sesuai yang di inginkan.

Untuk itu kita akan bahas dan berikan beberapa gambar contoh model pintu utama rumah yang sedang banyak diminati banyak orang sebagai pilihan tentunya dengan berdasarkan keterangan teman-teman dari tukang kusen.

Kita akan fokus pada pintu contoh model pintu utama rumah yang berbahan dasar kayu , karena berdasarkan yang terjadi di lapangan bahwa model pintu utama rumah masih di dominasi oleh pintu yang berbahan dasar kayu meskipun saat ini ada beberapa pintu yang berbahan dasar besi ataupun aluminium banyak di temukan di pasaran tetapi pemilihan pintu utama berbahan baku kayu masih mendominasi.

Pintu utama rumah yang berbahan kayu pun masih dikelompokkan dalam beberapa varian sesuai dengan kayu yang dipergunakan sebagai bahan dasarnya, seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu kamper,

Kayu meranti dan masih banyak lagi sesuai dengan lokasi dimana kayu mudah ditemukan dan bagus kualitasnya, dan di sini saya membahas untuk wilayah jabodetabek berdasarkan dimana saya bekerja agar tidak ada kesalahan data.


Pintu Utama Kayu Jati

Pintu utama kayu jati banyak diminati orang karena mempunyai tekstur yang sangat bagus hal ini akan menghasilkan pintu yang sangat elegan dan terlihat mewah, tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah kamu akan membayarnya dengan harga mahal untuk kesan mewah tersebut.

Tetapi bagi yang mempunyai anggaran yang berlebih maka hal ini tidak jadi masalah karena sudah tahu bahwa mewah itu mahal.

Untuk pintu yang berbahan kayu jati tidak ada masalah dengan cuaca hujan dan panas , hal ini bisa dibuktikan bahwa rata- pintu kayu jati mampu bertahan di atas umur 15 tahun dalam masa penggunaannya.


Pintu Utama Kayu Mahoni

Pintu utama mahoni adalah alternatif pilihan jika kayu jati dirasa sangat mahal, kayu mahoni mempunyai harga lebih murah daripada kayu jati tetapi hasilnya apabila sudah di finishing dengan cat plitur maka hasilnya bisa direkayasa seperti kayu jati dan kadang hal ini sulit untuk dibedakan antara kayu jati dan kayu mahoni.

Untuk harganya sendiri tidak terpaut terlalu jauh dengan kayu jati.

Ini adalah opsi terbaik jika menginginkan kesan mewah yang di hasilkan dari pintu utama rumah tetapi masih memikirkan anggarannya.

Untuk Kekerasan dari kayu mahoni terbilang cukup bagus , karena pengalaman penulis melihat bahwa pintu dari kayu mahoni sangat awet dan tahan dari cuaca panas dan hujan.


Pintu Utama Kayu Kamper

pintu utama kayu kamper adalah pilihan bagi orang yang tidak begitu memikirkan tentang keindahan dari sebuah pintu, kayu kamper akan mempunyai sifat polos pada permukaan kayunya dan tidak ada keistimewaannya sama sekali pada penampilan.

Pintu utama dengan menggunakan kayu kamper banyak digunakan karena bahan yang mudah di dapat , harga kayu kamper yang terjangkau khalayak umum yang pasti dalam pembuatan pintu dengan kayu kamper umum digunakan dan mempunyai kualitas rata- rata.

Untuk mengakali pintu dari kayu kamper supaya terkesan mewah orang akan memfinisihing dengan 2 alternatif yaitu di plitur dengan warna kayu jati atau di duco.

kayu kamper hanya mempunyai kelebihan yaitu sifatnya yang keras dan terbilang awet jika dibandingkan dengan kayu lainnya tetapi kekerasannya tidak melebihi kayu mahoni dan jati.


Pintu Utama Kayu Meranti

Kayu meranti bisa dipergunakan sebagai bahan untuk pembuatan pintu dan kusen utama rumah , dengan harga yang umumnya terjangkau maka jangan harap dengan kualitasnya.

Dari segi tekstur kayu meranti terbilang biasa saja sedangkan kekerasan dari kayu meranti tidak seperti kayu jati, kayu mahoni dan kayu kamper, dan cenderung lebih mudah untuk tergores dengan hanya pijatan kuku tangan saja akan meninggalkan bekas.

Tetapi kayu meranti lebih baik dipergunakan sebagai bahan pintu utama rumah daripada penggunaan kayu lain jika dengan harga yang murah sudah bisa untuk pembuatan pintu, hal inilah yang mendasari banyaknya pintu utama dengan kayu meranti.

Jika pembaca tidak memperhatikan kualitas maka kayu meranti adalah opsi yang ideal sebagai pintu utama rumah.

Dari semua penjelasan di atas tentang kayu sebagai bahan dasar pintu utama rumah sebenarnya masih banyak lagi kayu-kayu yang bisa dipergunakan sebagai pintu namun karena keterbatasan ilmu dari penulis dan takut salah maka penulis tidak mengulasnya, tulisan ini berdasarkan pengetahuan yang terbatas dan pengalaman yang sempit dari penulis.

Dari penjelasan di atas maka pembaca bisa menentukan penggunaan kayu apa yang cocok sebagai bahan dasar dari pintu utama rumah sesuai dengan budget yang sudah di persiapkan.

dan berikut ini beberapa contoh gambar pintu utama rumah sebagai bahan atau rencana pengunaan desain pintu utama rumah kalian.

Mandore.id
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain