-->

Spandek Pengganti Genteng Yang Lebih Aman Dari Masalah Bocor

 

Spandek Pengganti Genteng Yang Lebih Aman Dari Masalah Bocor

Penggunaan spandek untuk penutup atap rumah lebih banyak di sukai orang yang lebih mementingkan aman dari masalah bocor yang terjadi pada atap rumah saat musim hujan.

Meskipun penggunaan spandek lebih terkesan tidak mempunyai value pada estetika bangunan, kita kembalikan pada kebutuhan yaitu lebih aman dari bocor.

Saya bilang lebih aman dari bocor jika kita membandingkan penggunaan genteng pada atap rumah, karena ketika kita membeli spandek hal pertama yang paling kita inginkan adalah tidak ada sambungan pada atap yang akan membuat faktor kebocoran pada atap rumah menjadi berkurang.

Simple nya adalah ketika kita membeli spandek maka kita bisa memesan panjang spandek yang akan kita butuhkan untuk menutupi atap tanpa ada penyambungan seperti genteng, asbes dan beberapa bahan material penutup atap lainnya.

Hal menarik lainnya ketika pembaca menggunakan spandek adalah mengurangi beban bangunan dari atap, bayangkan ketika rumah menggunakan genteng keramik dengan rata-rata genteng tersebut mempunyai berat 7 kg maka pondasi bangunan dan tiang beton akan mendapatkan beben lebih berat dari atap saja.

Lain halnya ketika pembaca menggunakan spandek maka beban dari atap berkurang jauh lebih ringan.

Baca juga Jasa Renovasi Rumah

Terlepas dari spandek yang seharusnya menghindari tingkat kebocoran pada atap tetap ada saja kekurangnya yaitu akan membuat ruangan dalam rumah terasa lebih panas daripada menggunakan genteng.

Ya benar jika anda memutuskan untuk menggunakan spandek sebagai penutup atap selain mengurangi keindahan bangunan rumah maka kalian akan merasakan  suhu di dalam rumah yang menggunakan spandek jauh lebih panas.

Namun hal tersebut bisa di akali dengan peredam di atas rangka plafon untuk mengurang panas pada ruangan. atau jika ada budget lebih maka pembaca bisa menggunakan spandek yang sudah di beri peredam langsung dari vendornya.

Oh iya untuk pilihan jenis spandek di pasaran yang penulis ketahui ada 2 jenis spandek yaitu spandek pasir dan spandek biasa

Untuk tipe spandek pasir ini cirinya adalah finishing cat pada spandek ada campuran pasir, sedangkan untuk jenis spandek biasa maka finishing cat nya hanya biasa saja.

Sedankan untuk pilihan warna spandek umumnya yang tersedia adalah merah dan biru, penulis belum pernah memasang spandek dengan warna selain yang kami sebutkan di atas.

Untuk lebar spandek umumnya 78 cm dan ada juga yang 100 cm, untuk ketebalan spandek yang paling tipis adalah 0,25 0,30 0,35 0,40 0,45 0,50

Di sekitar Jabodetabek maksimal panjang spandek yang bisa di beli adalah 6 meter dan untuk price range mulai dari Rp 59.000- Rp 120.000 rupiah permeter.

Akhirnya sampai pada kesimpulan tentang spandek yang perlu pembaca tahu

  1. Lebih aman dari kebocoran.
  2. Lebih ringan daripada genteng.
  3. Bisa custem ukuran menurut kebutuhan
  4. Aman untuk di injak ketika ada masalah
  5. Membuat lebih panas pada ruangan
  6. Kurang bagus untuk estetika jika untuk rumah
  7. Ketika hujan akan berisik
Ada yang ingin menambahkan kelebihan atau kekurangan pada spandek ? silahkan beri komentar.