Aplikasi Desain Rumah 3D

Dengan SketchUp, Anda dapat membuat model 3D sederhana dan kompleks, menambahkan tekstur dan bahan ke model Anda, dan membagikan desain Anda
Aplikasi Desain Rumah 3D


 SketchUp adalah perangkat lunak pemodelan 3D yang digunakan untuk membuat, melihat, dan memodifikasi model 3D. Ini biasanya digunakan dalam arsitektur, desain interior, arsitektur lanskap, dan bidang lain yang membutuhkan pembuatan model 3D. 

Dengan SketchUp, Anda dapat membuat model 3D sederhana dan kompleks, menambahkan tekstur dan bahan ke model Anda, dan membagikan desain Anda kepada orang lain.

 Anda juga dapat menggunakan SketchUp untuk membuat rencana 2D, bagian, dan ketinggian desain Anda, serta menghasilkan presentasi dan rendering model Anda. Perangkat lunak ini tersedia dalam versi gratis dan versi berbayar dengan fitur dan kemampuan tambahan.

Cara membuat denah rumah dengan sketchup

Untuk membuat denah rumah dengan SketchUp, pertama-tama Anda perlu menentukan ukuran dan konfigurasi ruangan yang ingin Anda buat.

Kemudian, Anda bisa menggunakan alat-alat SketchUp seperti pen, ruler, dan shape tools untuk menggambar langkah demi langkah struktur rumah Anda. 

Berikut adalah langkah-langkah sederhana yang umum pada saat membuat denah rumah dengan SketchUp:

Buka SketchUp dan pilih template "Blank" untuk memulai proyek baru.

Atur ukuran dan orientasi denah rumah dengan menggunakan alat "Orbit" dan "Scale".

Gunakan alat "Line" untuk menggambar dinding-dinding rumah. Pastikan untuk memperhatikan dimensi dan posisi dinding secara tepat.

Tambahkan pintu dan jendela dengan menggunakan alat "Rectangle" dan "Push/Pull".

Tambahkan lantai dengan menggunakan alat "Follow Me" dan "Push/Pull".

Tambahkan detail-detail lain seperti tangga, dapur, dan kamar mandi dengan menggunakan alat-alat yang tersedia.

Atur material dan tekstur dengan menggunakan alat "Paint Bucket" dan "Materials".

Gunakan alat "Section Plane" untuk membuat potongan melintang dari denah rumah Anda.

Gunakan alat "Camera" untuk membuat presentasi atau rendering denah rumah Anda.

Saran: Jika Anda masih baru dengan SketchUp, Anda bisa mencoba mengikuti tutorial video atau mengikuti workshop online untuk mempelajari cara menggunakan alat-alat SketchUp dengan lebih detail.

Jika Anda pemula maka diperlukan beberapa kali percobaan untuk melatih keterampilan anda dalam mendesain rumah Anda sendiri.

Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia

Posting Komentar

© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain