Genteng Bocor Dan Cara Mengatasinya

Bocor pada genteng dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan, seperti terjadinya kerusakan pada atap, dinding, atau rangka bangunan.


Genteng adalah salah satu jenis atap yang sering digunakan untuk rumah, gudang, atau bangunan lainnya. Genteng terbuat dari bahan keramik atau tanah liat yang dibakar hingga menjadi keras dan tahan lama.

Meskipun genteng memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal tahan terhadap cuaca, genteng juga dapat mengalami kerusakan atau kebocoran jika tidak dipasang dengan benar atau jika tidak diperbaiki dengan tepat setelah terjadi kerusakan.

Bocor pada genteng dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi cuaca yang ekstrem, keausan genteng yang sudah lama, atau ketidakstabilan fondasi.

Bocoran pada genteng dapat terjadi di bagian mana saja, seperti di atap, di tepi atap, atau di saluran air.

Bocor pada genteng dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan, seperti terjadinya kerusakan pada atap, dinding, atau rangka bangunan.

Bocoran pada genteng juga dapat menyebabkan masalah kebersihan dan kehigienisan, seperti terjadinya jamur atau tumbuhnya lumut di atap.

Untuk Menghindari Bocor Pada Genteng, Ada Beberapa Hal Yang Dapat Dilakukan,Seperti:

Memastikan bahwa genteng dipasang dengan benar, dengan menggunakan bahan dan alat serta hitungan yang tepat dan dengan mengikuti standar pemasangan yang telah ditetapkan.

Memastikan bahwa fondasi bangunan stabil dan tidak mudah goyah, karena bocoran pada genteng dapat disebabkan oleh ketidakstabilan fondasi.

Menjaga kebersihan atap secara rutin, dengan menghilangkan daun kering, sampah, atau kotoran lain yang menempel di atap.

Menggunakan lapisan pelindung atau cat yang di formulasikan untuk genteng untuk melindungi genteng dari sinar matahari langsung atau dari cuaca ekstrem lainnya.

Memeriksa genteng secara berkala untuk mengetahui adanya kerusakan atau kebocoran, dan segera memperbaiki jika terjadi kerusakan.

Menggunakan jasa profesional untuk memasang atau memperbaiki genteng, agar pekerjaan dapat dilakukan dengan tepat dan aman.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, Anda dapat mencegah terjadinya bocor.

Cara Memperbaiki  Genteng Bocor

Memperbaiki bocoran pada genteng merupakan salah satu cara untuk menjaga kelangsungan dan kualitas bangunan Anda.

Bocoran pada genteng dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi cuaca yang ekstrem, keausan genteng yang sudah lama, atau ketidakstabilan fondasi.

Bocoran pada genteng dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur bangunan, seperti terjadinya kerusakan pada atap, dinding, atau rangka bangunan.

Bocoran pada genteng juga dapat menyebabkan masalah kebersihan dan kehigienisan, seperti terjadinya jamur atau tumbuhnya lumut di atap.

Jika Anda menemukan bocoran pada genteng, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaikinya, yaitu:

Menemukan lokasi bocoran

Pertama-tama, Anda perlu menemukan lokasi bocoran dengan cara memeriksa atap dan mencari tanda-tanda bocoran, seperti bekas air atau jamur di langit-langit.

Jika tidak dapat dengan mudah menemukan lokasi bocoran, Anda dapat menggunakan alat bantu seperti pencahayaan atau kamera untuk membantu Anda menemukan lokasi bocoran.

Menghilangkan sumber bocoran

Setelah menemukan lokasi bocoran, selanjutnya adalah menghilangkan sumber bocoran. Bocoran pada genteng dapat disebabkan oleh kerusakan pada genteng itu sendiri, seperti retak atau pecah, atau oleh masalah pada saluran air.

Jika masalahnya disebabkan oleh kerusakan pada genteng, Anda perlu mengganti genteng yang rusak dengan genteng baru. Jika masalahnya disebabkan oleh saluran air yang tersumbat atau rusak, Anda perlu membersihkan atau mengganti saluran air tersebut.

Menutupi bocoran

Setelah sumber bocoran diatasi, selanjutnya adalah menutupi bocoran untuk mencegah air masuk ke dalam bangunan. Anda dapat menggunakan selofan atau plester untuk menutupi bocoran tersebut.

Pastikan bahwa selofan atau plester tersebut ditempel dengan kuat agar tidak terlepas saat hujan.

Mengganti genteng

Jika Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun masalah bocoran masih belum teratasi sebaiknya panggil tukang yang berpengalaman dalam mengatasi bocor.


Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia

Posting Komentar

© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain