Asbes Penutut Atap Rumah Yang Mudah Terbakar

Asbes merupakan bahan material penutup atap yang banyak digunakan oleh beberapa kalangan menengah ke bawah guna menekan biaya pembangunan rumah


Asbes merupakan bahan material penutup atap yang banyak digunakan oleh beberapa kalangan menengah ke bawah guna menekan biaya pembangunan rumah.

Ada juga yang menggunakan asbes sebagai penutup bagian tambahan bangunan yang tidak terlalu penting seperti garasi mobil yang terpisah dari bagian bangunan induk.

Baca juga Mengetahui Perbandingan Antara Homogeneous Tile Vs Keramik

Asbes mudah didapatkan pada setiap toko bahan material bangunan, hal ini membuktikan bahwa minat masyarakat dalam penggunaan asbes sangat tinggi dan menjadi salah satu opsi untuk menekan anggaran pembuatan rumah.

Dengan harga yang tergolong terjangkau sudah tentu asbes memiliki kekurangan yang seharusnya di maklumi calon penggunanya yang sadar betul bahwa pengguna hanya memikirkan agar atap rumah tertutup tanpa memikirkan estetika dan keselamatan.

Beberapa kasus rumah petak yang tanpa pembatas antara rumah dan menggunakan atap asbes ketika salah satu rumah ada yang terbakar maka asbes menjadi salah satu tersangka utama merembetnya api.

Tetapi ketika rumah dengan penutup atap asbes dengan adanya sela antara bangunan atau bangunan rumah tidak berderet lebih aman dari rembetan kebakaran, kecuali rumah tersebut adalah pemicunya.

Baca juga Kelebihan Ubin Traso Yang Jarang Diketahui

Sekarang apakah masih layak menggunakan asbes sebagai penutup atap rumah ? Tentu saja masih layak terbukti sampai sekarang masih banyak orang yang menggunakannya, asalkan sadar akan resiko dan kekurangan yang diakibatkan oleh asbes.

Yang perlu diwaspadai adalahAsbes adalah jenis bahan bangunan yang terbuat dari serat asbes, mineral alami yang tahan terhadap panas, api, dan bahan kimia.Atap Asbes biasa digunakan dalam berbagai bahan bangunan, seperti insulasi, atap, dan ubin lantai, karena kekuatan dan daya tahannya.

Namun, asbes telah dikaitkan dengan masalah kesehatan yang serius, seperti mesothelioma, sejenis kanker yang menyerang lapisan paru-paru, jantung, dan perut. Akibatnya, penggunaan asbes dalam bahan bangunan telah dilarang atau diatur secara ketat di banyak negara.

Jika Anda khawatir tentang keberadaan asbes di rumah atau tempat kerja Anda, penting bagi seorang profesional untuk menilai bahan tersebut dan mengambil tindakan yang tepat untuk menghilangkan atau mengelolanya dengan aman.

Berikut adalah beberapa keuntungan dan kerugian potensial menggunakan asbes sebagai bahan atap:

Keuntungan:

Ketahanan: Asbes adalah bahan yang kuat dan tahan lama yang dapat menahan suhu ekstrim dan kondisi cuaca yang keras, sehingga cocok untuk digunakan pada atap.

Tahan api: Asbes tahan terhadap api dan panas, yang dapat bermanfaat di daerah yang rawan kebakaran hutan atau jenis kebakaran lainnya. Resistensi kimia: Asbes tahan terhadap banyak bahan kimia, yang menjadikannya pilihan yang baik untuk atap di pabrik industri atau kimia.

Biaya rendah: Asbes umumnya lebih murah daripada jenis bahan atap lainnya.

Kekurangan:

Risiko kesehatan: Asbes dikenal sebagai karsinogen dan dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika terhirup. Akibatnya, penting untuk menangani asbes dengan hati-hati dan mengikuti pedoman keselamatan yang tepat saat bekerja dengannya.

Pembatasan hukum: Banyak negara telah melarang atau mengatur secara ketat penggunaan asbes karena potensi risiko kesehatannya. Hal ini dapat membatasi ketersediaan bahan atap asbes atau mempersulit memperoleh izin yang diperlukan untuk menggunakannya.

Masalah lingkungan: Asbes tidak dapat terurai secara hayati dan dapat tetap berada di lingkungan untuk waktu yang lama, berpotensi menyebabkan masalah lingkungan.

Biaya penggantian: Jika bahan atap asbes perlu dilepas atau diganti, biayanya bisa mahal dan memakan waktu karena harus mengikuti pedoman keselamatan yang tepat.

Secara keseluruhan, penting untuk mempertimbangkan dengan hati-hati potensi keuntungan dan kerugian menggunakan asbes sebagai bahan atap dan mengikuti pedoman keselamatan yang tepat jika Anda memilih untuk menggunakannya.

Baca juga Mengenal Pipa PPR Dan Keuntungan Menggunakannya

Jika Anda khawatir tentang keberadaan asbes di rumah atau tempat kerja Anda, penting bagi seorang profesional untuk menilai bahan tersebut dan mengambil tindakan yang tepat untuk membuang atau mengelolanya dengan aman.
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain