Gambar Model Pintu Kamar


 
Model pintu untuk kamar banyak ragamnya , terlebih yang pintu yang terbuat dari kayu , ragam di sini adalah dari sisi motif pembuatannya bukan dari bentuknya , karena bentuk pintu kamar sudah pasti sama .

Dalam pemilihan motif pintu ataupun modelnya yang tidak boleh dilupakan adalah bagaimana model pintu kamar tersebut menyatu dalam konsep interior rumah yang sudah dirancang jauh hari sebelumnya , jangan sampai hanya karena senang dengan model pintu kamar tetapi akan membuat kesan yang tidak tepat dengan desain awal hingga akan merusak suasana yang akan di hasilkan .

Jika kalian mencari informasi model pintu untuk kamar maka kami akan menyediakan beberapa contoh gambar pintu untuk kamar pada akhir tulisan ini sedangkan untuk jenis- jenis kayu yang biasa digunakan dalam pembuatan pintu maka kalian bisa baca artikel saya yang berjudul contoh gambar pintu utama pada rumah .

Kembali kepada bahasan model pintu kamar saya hanya akan mengingatkan bagaimana model pintu untuk kamar supaya serasi dengan desain interior yang lain seperti bagaimana pemilihan cat untuk pintu kamar yang bisa sepadan dengan yang lainnya misalnya dengan warna cat tembok , dengan lemari yang di dekatnya misalnya jika ada lemari di sekitar pintu untuk kamar .

selain membahas bahan dasar dan model pintu kamar alangkah baiknya kalian juga mengetahui hal mendasar tentang ukuran pintu kamar , hal ini agar tidak terjadi kesalahan yang seharusnya tidak terjadi dan akan membuat sesuatu yang tidak nyaman yang di timbulkan dari kesalahan dari ukuran pintu kamar 

Saya akan memberikan contoh bagaimana ukuran pintu kamar yang salah dan mengakibatkan suatu masalah dikemudian hari salah satunya pintu terlalu kecil dan mengakibatkan salah satu perabotan tidak bisa masuk lewat pintu kamar , ada lagi kesalahan sebuah pintu terlalu lebar dan ketika daun pintu dibuka akan berakibat membentur perabotan , misalnya ranjang .

Maka dari itu selain pemilihan bahan dan model pintu kamar perhatikan 2 hal berikut ini ketika ingin Merenovasi Rumah atau membangun rumah 

Lebar Pintu Kamar


Lebar pintu kamar umumnya antara 90 cm sampai dengan 100 cm ini kita bahas ukuran standar , jika memungkinkan maka 110 cm pun lebar pintu tidak ada masalah dan masih pantas , hal yang saya bahas memungkinkan di atas adalah jika semakin lebar pintu kamar maka area yang diperlukan saat pintu terbuka membutuhkan ruangan lebih lebar dan resikonya adalah tidak ada perabotan yang berada dalam area tersebut dan ini bisa dikatakan boros ruangan .

Maka penggunaan pintu kamar yang lebar sebaiknya memikirkan juga lebar dalam kamar , karena umumnya pintu kamar jika dibuka akan mengarah kedalam kamar .

Tinggi Pintu Kamar


Sedangkan tinggi pintu kamar pada umumnya adalah 240 cm idealnya , tetapi  jika memungkinkan bisa lebih tinggi dari itu dengan catatan plafon dalam kamar harus tinggi dan mempunyai rasio yang pas dengan tinggi plafon dalam kamar .

Atau juga bisa mengikuti ketinggian pintu utama rumah dan kebanyak orang mengikuti ketinggian pintu utama rumah meskipun banyak juga pintu kamar mempunyai ukuran yang berbeda dengan pintu utama , hal ini di sesuaikan dengan kebutuhan , selera dan dari segi kepantasan saja .

Bahan Pintu Kamar


Untuk bahan pintu kamar tidak harus menggunakan kayu atau solid , kalian masih bisa menggunakan bahan dari triplek playwood yang bisa di finishing dengan plitur , cat kayu atau duco , semua opsi pengecatan di sesuaikan dengan konsep dan kebutuhan serta anggaran yang sudah dipersiapkan .

Kalian tidak harus menggunakan kayu untuk pembuatan pintu kamar jika dirasa anggaran tidak terlalu besar karena pintu yang terbuat dari triplek pun sudah umum digunakan dalam pintu kamar .
Mandore.id