-->

Apakah Batako Masih Menjadi Solusi Akhir Untuk Menekan Biaya Pembangunan Rumah ?

 

Apakah Batako Masih Menjadi Solusi Akhir Untuk Menekan Biaya Pembangunan Rumah ?

Sampai saat ini batako masih menjadi salah satu opsi dalam pemilihan material pembuatan atau renovasi rumah dengan budget yang di kompres seminim mungkin yang mengutamakan bangunan yang penting jadi.

Mengingat harga batako rata-rata masih murah jika dibandingkan dengan bahan material lainnya yang sama dengan spesifikasi batako yaitu untuk pembuatan dinding rumah.

Nah sekarang kita bahas apakah batako mempunyai spesifikasi yang ketika bangunan sudah jadi layak untuk katakan sebagai bangunan yang tahan terhadap gempa atau tahan lama jika dibandingkan dengan bata merah atau juga hebel ?

Jawaban di pertanyaan di atas LAYAK, alasannya banyak perumahan yang menggunakan batako untuk material dalam pembuatan dinding rumah.

Perlu di pahami bahwa kekuatan rumah lebih dari setengahnya adalah tanggung jawab kolom tiang sedangkan untuk tembok yaitu batako hanya penutupnya saja, namun meskipun begitu kita tidak boleh melupakan bagaimana caranya agar batako terpasang sebagaimana mesti dan tidak menimbulkan bahaya.

Caranya setelah di pasang lalu di plester dan di aci dengan ukuran standar adukan pada umumnya dan di aci dengan sebaik-baiknya.

Lalu jangan lupa untuk memperlakukan tembok yang berbahan batako lebih hati-hati misalnya ketika ingin membobok sebaiknya di potong dulu dengan gerinda agar tidak ada getaran yang berlebihan dan mengakibatkan retak yang nantinya akan menjadikan tembok putus istilah dalam bangunan.

Dipasaran pembaca akan mendapatkan harga batako kisaran 2600 rupiah perbiji, biasanya menghitung batako perbiji yah ini untuk jenis batako press atau home industri, atau mungkin di tempat anda meghitung batako perkubik  ? bisa saja namun ketika di bagi maka harganya kurang lebih sama.

Oh iya ada yang lupa saya sampaikan, batako terdiri dari beberapa tipe dan saya pun baru ngeh bahwa batako itu banyak jenisnya.

Ada batako putih, batako press, batako murni dan beberapa jenis batako yang namanya di buat sendiri oleh si penemu mungkin.

Karena saya jarang menggunaka batako saat membuat rumah maka yang saya tau adalah batako seperti yang di thumbnail tulisan ini.

Untuk jenis batako yang lain saya kurang paham maka saya tidak akan membahas segala sesuatu yang belum pernah saya gunakan dalam pembangunan rumah ataupun renovasi rumah.

Nah sekarang sampai pada kesimpulan akhir tentang batako

  1. Batako tidak sekuat bata merah untuk pembuatan dinding rumah.
  2. Dinding batako mudah putus ada bagian kolom rumah.
  3. Tembok yang menggunakan batako lebih rawan jika terkena getaran seperti goyang ( entah bahasa apa yang pas untuk istilah ini)
  4. Pemasangan batako lebih cepat karena ukurannya yang lebih besar daripada bata merah.
  5. Harga yang paling murah diantara bahan material untuk pembuatan dinding.
Apa yang mau di bahas lagi ? sampaikan pada kolom komentar yah

Untuk pertanyaan seputar batako bisa di tanyakan juga melalui kolom komentar