Harga Keramik Lantai: Bagaimana Menentukan Pilihan Terbaik?

Dari segi kualitas, tampilan dan keawetannya, keramik lantai memiliki keunggulan yang sulit untuk ditandingi oleh jenis bahan lantai lainnya.


Keramik lantai menjadi salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk mempercantik lantai rumah. Dari segi kualitas, tampilan dan keawetannya, keramik lantai memiliki keunggulan yang sulit untuk ditandingi oleh jenis bahan lantai lainnya.

Meskipun demikian, harga keramik lantai yang beragam seringkali membuat konsumen kebingungan dalam menentukan pilihan terbaik.

Ada beberapa jenis keramik lantai yang umum digunakan di pasar, antara lain:

Baca juga Keramik Lantai untuk Ruang Tamu: Menciptakan Ruang yang Menyenangkan

Keramik Polos: Keramik polos memiliki permukaan yang halus dan tidak memiliki motif atau pola tertentu. Jenis keramik ini sangat cocok digunakan pada ruangan yang minimalis dan modern.

Keramik Granit: Keramik granit memiliki tekstur yang lebih kasar dibandingkan keramik polos, namun tetap memiliki daya tahan dan keawetan yang tinggi. Jenis keramik ini biasanya digunakan untuk ruangan dengan aktivitas yang tinggi seperti kamar mandi, dapur, atau garasi.

Keramik Marmer: Keramik marmer memiliki tampilan yang elegan dan mewah, namun tidak sekuat keramik granit. Jenis keramik ini biasanya digunakan untuk ruangan yang minim aktivitas, seperti kamar tidur atau ruang tamu.

Keramik Kayu: Keramik kayu memiliki tampilan yang mirip dengan kayu asli, namun lebih tahan lama dan mudah dalam perawatannya. Jenis keramik ini sangat cocok digunakan untuk ruangan dengan tema alami atau rustic.

Beberapa faktor yang mempengaruhi harga keramik lantai antara lain:

Ukuran: Semakin besar ukuran keramik lantai, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar.

Ketebalan: Semakin tebal keramik lantai, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar.

Kualitas: Semakin baik kualitas keramik lantai, semakin tinggi pula harga yang harus dibayar.

Merek: Beberapa merek keramik lantai memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan merek lainnya karena faktor kepopuleran dan kualitasnya.

Untuk membeli keramik lantai dengan harga yang terjangkau, ada beberapa tips yang bisa diikuti:

Beli dalam jumlah besar untuk mendapatkan diskon khusus.

Beli pada saat promo atau diskon besar-besaran.

Beli langsung dari produsen atau distributor untuk menghindari markup harga dari toko.

Memilih keramik lantai yang tepat bukanlah perkara yang mudah. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan antara lain:

Baca juga Keramik Lantai untuk Dapur: Pilihan yang Tahan Lama dan Mudah Dibersihkan

Gaya dan desain rumah: Memilih keramik lantai yang sesuai dengan gaya dan desain rumah akan memberikan kesan yang lebih harmonis dan estetis. Misalnya, jika rumah memiliki tema minimalis, maka keramik polos dengan warna netral seperti putih atau abu-abu mungkin lebih cocok.

Kualitas dan daya tahan: Memilih keramik lantai dengan kualitas dan daya tahan yang baik akan membuatnya lebih tahan lama dan meminimalisir biaya perbaikan di masa depan.

Faktor lingkungan: Beberapa jenis keramik lantai mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan. Sebaiknya memilih keramik lantai yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan.

Keamanan: Memilih keramik lantai yang memiliki permukaan anti slip akan menghindari kecelakaan terutama di area yang rawan terkena air seperti kamar mandi atau area sekitar kolam renang.

Setelah memilih keramik lantai yang tepat, penting untuk merawat dan memasangnya dengan baik agar tetap tahan lama dan terlihat indah. Beberapa tips perawatan dan pemasangan keramik lantai antara lain:

Bersihkan keramik lantai secara rutin dengan menggunakan deterjen dan sikat lembut.
Hindari penggunaan bahan pembersih yang mengandung bahan kimia keras atau abrasive yang dapat merusak permukaan keramik lantai.

Pasang keramik lantai dengan teknik yang benar, seperti meratakan permukaan dan memperhatikan jarak antar keramik agar tidak terjadi pergeseran atau retak.

Jika merasa kesulitan dalam memasang keramik lantai, sebaiknya meminta bantuan dari tenaga ahli untuk menghindari kesalahan pemasangan yang dapat menyebabkan kerusakan pada keramik lantai.

Memilih keramik lantai yang tepat merupakan hal yang penting untuk mempercantik rumah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuni rumah. Faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain jenis keramik lantai, faktor yang mempengaruhi harga, cara menentukan pilihan terbaik, serta perawatan dan pemasangan yang tepat.

Baca juga Menciptakan Desain Yang Unik Dengan Keramik Lantai Mosaik

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, diharapkan dapat membantu Anda dalam memilih keramik lantai yang tepat untuk rumah Anda.
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain