Kenapa Keramik Harus Di Rendam Dulu Ini Alasannya

alasan kenapa keramik harus direndam dulu sebelum di pasang , meskipun pada akhir-akhir ini banyak sekali di temukan jenis keramik yang tidak perlu di rendam
Kenapa Keramik Harus Di Rendam Dulu Ini Alasannya
Keramik adalah bahan bangunan yang di kategorikan sebagai bahan finishing, berbicara keramik banyak sekali yang harus di lakukan dengan bahan bangunan yang satu ini, misalnya perawatan, pemasangan dan lain sebagainya.

Dalam hal pemasangan keramik adalah tukang yang menentukan bagaimana nanti hasil dari finishing pekerjaan keramik, mulai bagaimana keramik awalnya harus di rendam, bagaimana titik keramik harus di tentukan dengan tepat dan bagaimana pemasangan tukang keramik apakah rapi atau tidak.

Artikel terkait 15 Tahapan Pemasangan Keramik Lantai Yang Harus Diperhatikan

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas alasan kenapa keramik harus direndam dulu sebelum di pasang, meskipun pada akhir-akhir ini banyak sekali di temukan jenis keramik yang tidak perlu di rendam.

Dan itu akan kita bahas di lain kesempatan


Tehnik Pembakaran Keramik Yang Menyebabkan Keramik Menyerap Air
Bahan dasar keramik adalah tanah liat yang di keringkan setelah di cetak lalu di bakar dengan suhu diatas 700°C hingga 1000°C.

Maka dengan tehnik pengolahan seperti tersebut di atas sudah barang tentu keramik akan menyerap air untuk menyesuaikan pada suhu yang baru, yaitu lebih dingin daripada saat pengolahan keramik tersebut dan belum pernah sama sekali terpapar air.

Jika keramik kurang kandungan air saat pemasangan keramik karena tidak di rendam dahulu, maka air pada adukan akan cepat di resap oleh keramik dan menyebabkan kering secara dini dan ini sangat berpengaruh terhadap sifat semen yang harus kering secara perlahan untuk menguatkan adukan dan keramik,Dan yang terjadi adalah cepat terlepasnya keramik pada adukan, untuk itu sangat penting sekali untuk merendam keramik sebelum dipasang.

Seperti yang saya sebutkan di atas bahwa akhir-akhir ini banyak sekali ditemukan jenis keramik yang tidak menyerap air, dan penulis belum tahu pasti bahan dasar jenis keramik ini, bisa jadi bahan dasarnya seperti homogenous tile.

Untuk melakukan pembuktian bisa di lakukan dengan memberikan sedikit air pada belakang keramik dengan posisi tengkurap dan ketika air tidak habis terserap kedalam keramik maka itu bisa di pastikan bahwa keramik tersebut tidak perlu di rendam.

Artikel menarik lainnya Begini Proses Dari Tahap Awal Memasang Keramik lantai Dengan Adukan

Untuk itu sebelum memasang keramik pastikan dahulu bahwa keramik sudah direndam sesuai dengan petunjuk yang tertera pada pembungkus keramik yang umumnya kardus.

Umumnya untuk merendam keramik agar maksimal maka dibutuhkan waktu kurang lebih 15 sampai 20 menit, atau dengan metode sederhana untuk menentukan lamanya waktu merendam keramik yaitu dengan melihat gelembung angin yang keluar dari keramik saat direndam sudah hilang sama sekali.

Yang artinya di dalam keramik sudah terpenuhi kebutuhan airnya agar ketika dipasang tidak langsung kering.

Dari penjelasan di atas pembaca paham pentingnya merendam keramik sebelum dipasang, hal yang utama adalah agar adukan semen dan pasir tidak dipaksa cepat kering untuk yang diakibatkan oleh terserapnya air pada adukan terhadap keramik yang diakibatkan oleh kurangnya air, dan ini akan menyebabkan pemasangan keramik cepat terangkat.

Untuk artikel Mengapa Keramik Terangkat Dan Bagaimana Cara Mencegahnya
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain