Harus Di Perhatikan Saat Pasang Keramik Lantai Kamar Mandi


Apa Yang Harus Di Perhatikan Saat Pasang Keramik Lantai Kamar Mandi ? Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan saat pemasangan keramik lantai kamar mandi agar hasil yang didapatkan sempurna sesuai dengan kodratnya kamar mandi .

Penulis tidak akan membahas cara memasang keramik kamar mandi karena belum tentu pembaca akan mempraktekkan apalagi beberapa kasus cara memasang keramik tidak harus sama yang maksudnya pemasangan keramik lantai kamar mandi harus dilihat kondisi dimana akan di pasang keramik , tetapi yang di butuhkan adalah hasil dari pemasangan keramik .

Perlu diperhatikan bahwa kamar mandi adalah tempat dimana akan ada air yang tercurah dari hasil penggunaan kamar mandi , contoh saat mandi maka akan menghasilkan air kotor atau membutuhkan air bersih sebagai media untuk mandi

Nah beberapa masalah akan menjadi komplek ketika kamar mandi terjadi kesalahan yang dihasilkan dari pemasangan keramik lantai kamar mandi , pada tulisan kali ini penulis akan fokus pada keramik lantai kamar mandi .

Jasa Pasang Keramik Tangerang

1 Kemiringan Lantai keramik Kamar mandi


Agar tidak ada genangan air yang di hasilkan dari aktivitas di kamar mandi seperti mandi maka kemiringan lantai ke pembuangan air kotor dibuat miring dan soal berapa kemiringan sifatnya relatif mengikuti curah air dan luas ruangan kamar mandi serta kebutuhan .

hal yang paling banyak saya temukan saat merenovasi kamar mandi adalah ketika kemiringan lantai kamar mandi kurang dan bahkan dibeberapa kesempatan saya mendapatkan kemiringan  lantai kamar mandi yang ternyata terbalik yang artinya keramik lantai lebih tinggi di bagian pembuangan air kotor .

2 Letak Pembuangan Air Kamar Mandi

 Sebaiknya letak pembuangan air kamar mandi ditempatkan pada sudut ruangan ini untuk mempermudah kemiringan lantai kamar mandi , biasanya pembuangan air kamar mandi jika terletak agak ke tengah ruangan maka untuk membuat kemiringan lantai kamar mandi akan lebih susah meskipun bisa dilakukan .

Apalagi lantai kamar mandi menggunakan keramik yang sangat lebar ,sesuai dengan tren saat ini yang menggunakan keramik berukuran 60 x 60 cm ke atas , maka untuk membuat air kamar mandi lancar akan lebih susah dan ketika air susah untuk surutnya maka kemungkinan keramik kamar mandi menjadi lebih licin

3 Pemilihan Struktur Keramik Lantai Kamar Mandi

Struktur keramik lantai adalah salah satu unsur yang sangat penting dalam pemilihan keramik lantai kamar mandi , hal ini untuk mecegah terjadinya insiden terpeleset karena salah dalam memilih keramik lantai kamar mandi .

Untuk keramik lantai kamar mandi pilihlah keramik dengan permukaan yang mempunyai struktur kasar , semakin kasar maka semakin baik pula untuk keamanan dalam pemakaian kamar mandi .

4 Melakukan Pekerjaan Waterproofing Pada Lantai Kamar Mandi

Pekerjaan ini hanya dilakukan apabila pemasangan keramik lantai kamar mandi di lantai atas sebuah bangunan , untuk lantai dasar tidak perlu dilakukan karena jika terjadi kebocoran maka air kamar mandi hanya akan meresep kedalam tanah

Untuk pekerjaan waterproofing dikerjankan sebelum pemasangan keramik lantai kamar mandi , hal ini dilakukan untuk mencegah kebocoran pada kamar mandi .

Cara yang paling tepat adalah bersihkan dahulu area lantai kerja di dalam kamar mandi dan pada dinding kamar mandi satu baris keramik paling bawah atau minimal 20 cm dari lantai , lakukan waterproofing minimal 2 x lalu diamkan selama 24 jam setelah itu rendam air minimal 5 cm ketingian rendaman setelah itu diamkan selama 24 jam untuk mengetahuai apakah ada rembesan atau bocor pada bagian bawah kamar mandi , jika masih bocor atau rembes maka cari dimana yang bocor lalu ulangi lagi waterproofing sampai benar-benar bocor pada kamar mandi sudah tidak ada

Lalu proses pemasangan keramik lantai kamar mandi pun bisa dilakukan .

Mandore.id Jasa Pasang Keramik di Jakarta , Tangerang , Bogor , Bekasi , Depok