Apakah Kayu Jati Sebagai Bahan Kusen Dan Pintu Rumah Masih Jadi Pilihan Anda ?

Apakah Kayu Jati Sebagai Bahan Kusen Dan Pintu Rumah Masih Jadi Yang Paling Premium ? Judul sebuah artikel yang paling panjang yang saya buat dan ini
Apakah Kayu Jati Sebagai Bahan Kusen Dan Pintu Rumah Masih Jadi Pilihan Anda ?

Apakah Kayu Jati Sebagai Bahan Kusen Dan Pintu Rumah Masih Jadi Yang Paling Premium ? Judul sebuah artikel yang paling panjang yang saya buat dan ini juga memenuhi permintaan teman saya yang minta di buatkan tulisan ini.

Sudut pandang dari tukang bangunan yang setiap waktu pindah-pindah proyek dan mengumpulkan data dari pendapat klien saya yang menggunakan jasa saya untuk merenovasi rumah nya.

Secara singkat penggunakan kayu jati sebagai kusen dan pintu pada rumah umumnya dipakai oleh orang yang mempunyai selera atau minat terhadap sesuatu yang di anggap barang premium, anggapan tersebut benar ketika anda menggunakan kayu jati jenis super.

Nyatanya kayu jati yang bisa di gunakan sebagai kusen dan pintu terbagai pada 2 kategori

Kategori yang pertama adalah kayu jati biasa, jenis kayu jati ini harganya terbilang sangat terjangkau namun jangan berharap lebih pada tampilan dan kualitas yah karena mengingat harganya yang terjangkau dan warna kayunya pun terlihat putih dan mencerminkan bahwa kayu jati masih muda.

Tetapi meskipun umurnya tergolong muda dan saya mengatakan jangan berharap lebih pada tampilannya nyatanya kayu jati masih tetap memiliki tampilan lebih baik daripada menggunakan jenis kayu yang lain contohnya kayu kamper, meranti, sapat apabila di finishing dengan melamine.

Dan ini adalah tujuan akhir dari penggunaan kayu jati yaitu mendapatkan kesan mewah pada kusen dan pintu yang di hasilkan dari kayu yang di finishing dengan melamine dan memperlihatkan serat kayu yang mencerminkan kemewahan.

Namun jangan salah meskipun umurnya masih muda tetapi tidak kurang dari 15 tahun, untuk harga untuk harga saya kurang yakin ada standar harga perkubiknya, kemaren saya membeli untuk kebutuhan salah satu proyek saya mendapatkan harga perkubik 16 juta.

Ini bukan harga baku jadi ada beberapa penilaian yang lebih mendalam untuk menentukan harga kayu jati, mulai dari umur kayu jati, serat kayu jati dan mata pada kayu jati.

Kategori yang kedua adalah kayu jati super, jenis kayu jati super mempunyai kualitas yang baik dari serat, tanpa ada mata dan umur serta warna kayu jati yang terlihat lebih gelap yang artinya menandakan bahwa umur kayu benar-benar tua.

Saya mendapatkan harga kayu jati jenis super dengan harga 125 juta perkubik setahun yang lalu untuk keperluan salah satu proyek yang saya kerjakan yaitu renovasi rumah.

Fantastis kan harga kayu jati jenis super ini ? benar, tetapi harus melihat kondisi kayu jati tersebut, jenis kayu jati super tidak harus segitu harganya.

Tips dari penulis jika pembaca ingin membeli kayu jati

Saat ingin membeli kayu jati jika pembaca tidak paham tentang kualitas kayu jati maka sebaiknya membeli kayu jati dengan kondisi sudah di belah.

Lalu belahan ukuran berapa ? Tergantung kebutuhan misalnya untuk bahan pembuatan kusen pintu dan jendela standarnya adalah 14 × 6 cm dan jika untuk pembuatan daun pintu atau jendela maka ketebalannya 4 cm sedangkan lebar tergantung ketersediaan papan kayu jati.

Jangan sekali-kali membeli kayu jati yang kondisinya masih berupa batang kayu yang artinya belum di olah, karena kondisi dalam kayu jati kita tidak akan tahu.

Apakah kualitas kayu jati bisa di manipulansi ? bisa dan anda harus berhati-hati karena kayu jati yang di manipulasi untuk di warnai dengan zat kimia tertentu akan mempunyai warna gelap seperti kayu jati jenis super, dan ciri-ciri yang paling mudah untuk menandainya adalah harganya yang sangat murah.

Berikut ini beberapa fakta tentang kayu jati yang perlu Anda ketahui

Alasan harga kayu jati sangat mahal

Ada beberapa alasan mengapa harga kayu jati sangat mahal:

Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu terbaik yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembuatan meja, kursi, lemari, dan lainnya.

Kayu jati memiliki kekuatan yang tinggi sehingga tidak mudah rapuh dan tahan terhadap serangan rayap.

Kayu jati juga memiliki keunikan dari segi warna dan teksturnya yang membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk keperluan dekorasi.

Kayu jati juga merupakan salah satu jenis kayu yang tergolong langka di dunia, sehingga membuat harganya semakin mahal.

Proses pengolahan kayu jati juga memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga menambah biaya produksi yang akhirnya mempengaruhi harga jualnya.

Apakah kayu jati hanya ada di Indonesia?

Tidak, kayu jati juga dapat ditemukan di beberapa negara di Asia Tenggara seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Namun, Indonesia merupakan salah satu negara dengan ketersediaan kayu jati terbesar di dunia.
Kuli bangunan yang dilantik secara rahasia
© Mandore.id. All rights reserved. Developed by Jago Desain